4 Destinasi Wisata Autentik yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Ngada NTT

Terletak di kaki Gunung Inerie, suhu udara di kawasan adat Bena ini sejuk.  Bentuk rumah adat di kampung tradisional ini unik dan khas.

SPIRITNTT.COM/KUPANG- Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini menjadi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Data terakhir  jumlah wisatawan mancanegara Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2019 berjumlah 155.900, tahun 2020 menurun di angka 44778, tahun 2021 berjumlah 8745. Penurunan angka wisatawan mancanegara ini dikarenakan pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak akhir tahun 2019 lalu.

Sedangkan data jumlah wisatawan domestik BPS NTT tahun 2019 berjumlah 931967, tahun 2020 342288 dan di tahun 2021 kembali naik ke angka 543641.

https://spiritntt.com/selain-komodo-inilah-5-spot-menawan-di-labuan-bajo-yang-wajib-kamu-kunjungi/

Mulai melonjaknya jumlah wisatawan domestik ini, membuat banyak destinasi wisata baru bermunculan di NTT. Selain Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat yang terkenal dengan hewan purbanya yaitu komodo, ada juga Bukit Wolobobo, Taman Laut 17 Pulau Riung, Air Panas Mengeruda dan Kampung Adat Bena yang terletak di Kabupaten Ngada dengan ibukota kabupatennya Bajawa.

4 destinasi wisata di Kabupaten Ngada inilah yang wajib kalian kunjungi saat berada di daerah yang terkenal dengan suhunya yang cukup dingin.

Bukit Wolobobo

Bukit Wolobobo berada di Desa Turekisa, Kecamatan Gelowa Barat, Kabupaten Ngada, Pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Dari bukit ini kita bisa melihat keindahan matahari terbit dan terbenam. Di tempat ini ada juga beberapa fasilitas antara lain lahan parkir, tempat beristirahat, dan juga lopo yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak.

Bukit Wolobobo Kabupaten Ngada NTT
Bukit Wolobobo di Kabupaten Ngada NTT (Pictures SOURCE POS-KUPANG.COM)

Taman Laut 17 Pulau

Taman laut yang terletak di pantai utara Pulau Flores ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa, baik panorama pantainya yang berpasir putih maupun keindahan alam bawah laut.  Salah satu yang sangat populer adalah objek wisata Mawar Laut yang eksotis. Di kawasan taman laut ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut dari atas bukit di Pulau Tiga yang menyajikan nuansa laut dengan gradasi warna yang berbeda.

Taman Laut 17 Pulau Riung di Kabupaten Ngada (Picture source Trevel.Kompas)

Air Panas Mengeruda

Air panas alami di kawasan wisata ini berasal dari sumber mata air panas di sebuah kolam. Air Panas Mangeruda terletak di Desa Piga, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Air panas dengan suhu sekitar 30 derajat tersebut mengalir diantara bebatuan.

Air Panas Mengeruda di Soa Kabupaten Ngada (Picture source pos-kupang.com)

Kampung Adat Bena

Terletak di kaki Gunung Inerie, suhu udara di kawasan adat Bena ini sejuk.  Bentuk rumah adat di kampung tradisional ini unik dan khas. Masyarakatnya yang ramah mampu memberikan rasa nyaman, sehingga wisatawan semakin betah untuk tinggal lebih lama. Kampung Adat Bena berlokasi di Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, NTT.

Kampung Adat Bena di Kabupaten Ngada (Picture source Trevel.kompas)

Tinggalkan Balasan