Timor Leste Ikut Kejuaraan Off Road di Kupang

Pembukaan kejuaraan Spesial Competition Stage Off Road NTT - Timor Leste yang digelar di Sirkuit Off Road Kawasan Indusri Bolok pada Jumat (24/2/2023). FOTO: Humas Pemprov NTT
Pembukaan kejuaraan Spesial Competition Stage Off Road NTT - Timor Leste yang digelar di Sirkuit Off Road Kawasan Indusri Bolok pada Jumat (24/2/2023). FOTO: Humas Pemprov NTT

SPIRITNTT.COM, KUPANG – Peserta dari Republik Democratik Timor Leste (RDTL) mengikuti Kejuaraan Spesial Competition Stage Off Road NTT – Timor Leste yang digelar PT Kawasan Industri Bolok (KIB) di Sirkuit Off Road Kawasan Indusri Bolok pada Jumat (24/2/2023).

Pembukaan Off Road tersebut ditandai dengan pengibaran bendera start  Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi (JNS) yang didampingi Direktur Utama PT KIB Gabriel Kenenbudi dan Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Kolonel Febriel Buyung Sikumbang.

Kejuaraan Off Road tersebut juga sekaligus dalam Rangka Peringatan HUT Ke-62 Korem 161/Wira Sakti Kupang.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi (JNS) memberi apresiasi kepada pihak PT KIB yang menyelenggarakan kompetisi off road tersebut.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat provinsi NTT memberikan apresiasi kepada PT Kawasan Industri Bolok yang telah berinisiatif membuka kompetisi off toad ini. Juga Selamat Hari Ulang Tahun yang ke 62 kepada Korem 161/Wira Sakti Kupang,” ungkap Wagub Josef.

Apalagi tambah Wagub Josef, off road ini juga mengundang pegiat off road dari negara tetangga Timor Leste.

“Ini tentunya memberikan nilai positif karena melalui off road kita membangun dan memperkuat relasi persahabatan antara dua negara,” kata Wagub.

Dijelaskan, perkembangan olahraga otomotif seperti off road terus bertumbuh dan terus bertambah para peminatnya. Kompetisi olahraga off road ini merupakan salah satu olahraga otomotif yang hampir tiap minggu digelar di berbagai daerah. 

Menurutnya, off road punya tantangan tersendiri karena memupuk jiwa petualang dan adrenalin dengan memacu kendaraan melalui bebatuan, tanah, lumpur dan aliran sungai. Sehingga tak heran bila off road banyak peminatnya di Indonesia dan juga di NTT.

“Kawasan ini memang dirancang untuk pembangunan industri namun juga bisa dimanfaatkan untuk penyelenggaran event olahraga. Banyak masyarakat yang datang berkunjung ke sini untuk menyaksikan even-even menarik seperti off road ini yang tentunya dapat menggerakan ekonomi di sini,” jelas Wagub.

Hal ini lanjutnya, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan yang menyatakan olahraga dikembangkan untuk memberi manfaat bagi ekonomi daerah dan masyarakat serta juga menjadi industri ekonomi.

Wakil Gubernur juga memberikan apresiasi kepada jajaran Korem 161/Wira Sakti Kupang yang bersama Pemerintah Provinsi NTT mengembangkan komodiri Kelor.

Dirut PT KIB, Gabriel Kenenbudi dalam sambutannya mengungkapkan, off road ini sebagai bagian yang berkesinambungan dengan gelaran road race pada 2022 lalu.

“Even ini sebagai bentuk kelanjutan dari even road race tahun lalu. Jadi kali ini kita juga menghadirkan teman-teman dari Timor Leste  Ini juga untuk memperkenalkan Kawasan Industri Bolok bagi orang di luar NTT seperti Negara Tetangga Timor Leste,” kata Gabriel.

Ia juga menuturkan, dengan penyelenggaraan even olahraga, maka Kawasan Industri Bolok juga dirancang sebagai pusat olahraga rekreasi di NTT.

“Jadi nanti ada even-even yang kami buka untuk masyarakat setiap akhir pekan sehingga tempat ini menjadi rekreasi olahraga,” tambahnya.

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang  Kolonel Febriel Buyung Sikumbang menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan even yang luar biasa karena Pemda dan KIB menyediakan ruang bagi para offroader.

“Ini tentunya hal positif kita dapat membangun sarana hiburan bagi masyarakat. Juga sekaligus membantu mengembangkan promosiPT KIB untuk mendekatkan masyarakat dengan kawasan industri bolok ini,” kata Kolonel Febriel. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan