Penjabat Wali Kota Kupang George Hadjoh Dialog dengan Staf Depan Tumpukan Sampah

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh dialog depan tumpukan sampah ketika melakukan inspeksi ke Pasar Penfui Kupang dan Pasar Oeba Kupang, Rabu (24/8/2022). FOTO:Humas Pemkot Kupang
Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh dialog depan tumpukan sampah ketika melakukan inspeksi ke Pasar Penfui Kupang dan Pasar Oeba Kupang, Rabu (24/8/2022). FOTO:Humas Pemkot Kupang

SPIRITNTT.COM, KUPANG-Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, S.H untuk toko-toko bangunan di Kota Kupang untuk tidak menumpuk material di depan toko atau trotoar. Saat berada di Pasar Oeba, Penjabat Wali Kota Kupang sempat memberikan arahan terkait sampah. Arahan diberikan kepada staf PD Pasar di depan tumpukan sampah yang ada di pasar tersebut.

Peringatan itu disampaikan Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh ketika melakukan inspeksi ke Pasar Penfui Kupang dan Pasar Oeba Kupang, Rabu (24/8/2022) pagi.

Kunjungan Penjabat Wali Kota George Hadjoh tersebut guna memantau kebersihan dan penataan letak lapak pedagang agar lebih tertata dan nyaman baik bagi para pedagang maupun pengunjung.

Dalam rilis yang diterima Spiritntt.com, Rabu (24/8/2022) dari Humas Pemkot Kupang,  peninjauan itu diawali dari Pasar Penfui sekiranya pukul 05.30 Wita.

Dalam peninjuan tersebut ditemukan beberapa selokan yang ada di dalam pasar terdapat penumpukan sampah sehingga terjadi penyumbatan.

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh ketika melakukan inspeksi ke Pasar Penfui Kupang dan Pasar Oeba Kupang, Rabu (24/8/2022). FOTO:Humas Pemkot Kupang

Untuk itu, Perusahaan Daerah Pasar (PD Pasar) diminta segera berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk mengatasi bersama masalah sampah di lingkungan pasar.

Usai meninjau Pasar Penfui, Penjabat Wali Kota melanjutkan pemantauan di Pasar Oeba. Dalam kunjungannya ke Pasar Oeba, Penjabat Wali Kota, George Hadjoh didampingi Direktur Perusahaan Daerah Pasar, Ferdinand Le’u beserta para koordinator serta Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Kupang.

Di Pasar Oeba, Penjabat Wali Kota menegaskan agar setiap sudut jalan masuk ke pasar segera diperbaiki dan dilakukan pengaspalan oleh dinas terkait.

Pemilik tempat usaha di tepi jalan yang terdapat trotoar dan saluran drainase agar dapat melakukan penataan dengan baik. Toko-toko bangunan dilarang menumpuk material di depan toko atau trotoar.

Untuk kebersihan pasar,  Penjabat Wali Kota meminta setiap pedagang untuk menyiapkan kantong sampah di setiap lapak untuk kemudian di buang pada titik lokasi pembuangan sampah yang telah diatur PD Pasar.

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh ketika melakukan inspeksi ke Pasar Penfui Kupang dan Pasar Oeba Kupang, Rabu (24/8/2022). FOTO:Humas Pemkot Kupang

Selain itu para pemilik lapak di pinggir jalan dekat Pura Oebanantha ditata dengan baik agar akses jalan masuk lebih luas.

Dirut PD Pasar diminta melakukan rapat bersama tim dan para stakeholder agar saling berkoordinasi dengan pemuda di sekitar lingkungan pasar untuk kemudian bekerja sama dengan TNI/Polri serta Satpol PP Kota Kupang dalam penataan dan ketertiban dalam pasar.

Dinas Perhubungan Kota Kupang diminta untuk menertibkan mobil angkutan penumpang (pick up) di ruas jalan Timor Raya agar tidak menimbulkan kemacetan serta masalah harga tarif karcis parkir yang di atas normal sehingga menimbulkan pungutan liar.

Sehari sebelumnya Penjabat Wali Kota juga telah memantau kondisi kebersihan dan penataan lapak pedagang di Pasar Kasih Naikoten 1 dan Pasar Oebebo. Diharapkan segala permasalahan sampah segera di atasi instansi terkait. (timspiritntt.com)

Tinggalkan Balasan