Pembangunan Perikanan Dalam Prioritas 5-P Kabupaten Kupang

Mari bangkit dan berjuang sungguh-sungguh ditengah-tengah keterbatasan dan kesulitan yang ada. jangan mengeluh, tetap optimis untuk menggapai hidup yang lebih baik,” kata Korinus Masneno yang selalu memberikan memotivasi masyarakat untuk terus bangkit dalam keterbatasan yang ada.

SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN merupakan salah satu sektor yang cukup potensial dikembangkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Kupang.

Dengan luasan laut mencapai 4.063 Km² dengan garis pantai sepanjang 485 km menjadikan Kabupaten Kupang kaya akan potensi perikanan dan kelautan.

Sejumlah komoditi perikanan dan kelautan mampu menopang perekonomian dengan menyumbang pendapatan ekonomi masyarakat yang tidak kecil.

Hal itulah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Kupang dalam kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe menjadikan sektor perikanan dan kelautan sebagai salah satu sektor unggulan.

Melalui program 5P bersama sektor lainnya yakni sektor pertanian, perikanan dan kelautan, pariwisata,peternakan dan pariwisata terus memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kupang.

Pemerintah Kabupaten Kupang sangat serius dalam memajukan sektor perikanan dan kelautan demi mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Bantuan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan sebagai cara pemerintah untuk meningkatkan ekonomi warga sekaligus menjaga ekosistem laut tetap lestari.

Upaya mengedukasi warga untuk menangkap dengan terukur demi keberlanjutan ekosistem bukanlah perkara mudah ditengah maraknya kebiasaan nelayan menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan demi mendapatkan hasil melimpah untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Sebanyak 80 Kelompok Nelayan yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Kupang menerima hibah bantuan sarana dan prasarana bidang perikanan dan kelautan dari Pemkab Kupang melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kupang.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Kupang Korinus Masneno, Selasa (29/12/2020) di lokasi Galangan Kapal Manikin Kecamatan Kupang Tengah.

Bupati Kupang, Korinus Masneno melihat kondisi perahu untuk para nelayan di Kabupaten Kupang (Foto Humas Pemkab Kupang)

Bupati Kupang Korinus Masneno menyatakan Kabupaten Kupang memiliki potensi perikanan dan kelautan luar biasa dan sangat potensial untuk dikembangkan dengan baik demi kesejahteraan masyarakat.

Menurut Korinus Masneno potensi perikanan yang besar itu sehinga dalam kepimpinannnya, bidang perikanan menjadi salah satu sektor yang dikembangkan dan diharapkan akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Bagi Korinus Masneno, panjang pantai Kabupaten Kupang mencapai 485 km dengan begitu banyak potensi perikanan sehingga melalui program revolusi 5 P yakni berkerja secara revolusioner pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, pariwisata dimasukan juga bidang perikanan sehingga benar-benar mengeksplor kekuataan perikanan di Kabupaten Kupang.

Melalui revolusi 5 P Pemerintah Kabupaten Kupang memberikan dukungan sarana prasarana kelautan dan perikanan kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dengan baik dalam pengembangan sektor perikanan kelautan.

Korinus Masneno berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara baik guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat meski dalam keterbatasan namun impian untuk maju dan berhasil harus tetap digelorakan.

“Mari bangkit dan berjuang sungguh-sungguh ditengah-tengah keterbatasan dan kesulitan yang ada. jangan mengeluh, tetap optimis untuk menggapai hidup yang lebih baik,” kata Korinus Masneno yang selalu memberikan memotivasi masyarakat untuk terus bangkit dalam keterbatasan yang ada.

Bupati Kupang, Korinus Masneno melihat kondisi perahu yang akan diberikan bagi para nelayan (Foto Humas Pemkab Kupang)

Bagi Korinus Masneno membangun potensi perikanan yang lebih baik perlunya pengawasan dan pembinaan secara baik dan kerjasama semua pihak, bergandengan tangan dan menjadi satu kekuatan sehingga sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Kupang mampu menjadi sektor unggulan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat.

Optimisme majunya sektor perikanan dan Kelautan di Kabupaten Kupang disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak De Haan menyatakan apresiasi atas kegiatan pemberian bantuan sarana prasarana perikanan kepada masyarakat nelayan.

Bagi DPRD Kabupaten Kupang menurut dia memberikan dukungan kepada Pemda Kabupaten Kupang dalam kegiatan pemberdayaan dan pembangunan masyarakat yang tentu fokusnya pada kesejahteraan masyarakat.

“Kami yakin dengan dukungan sarana prasarana ini akan mampu mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ungkapnya. (selvi)

Tinggalkan Balasan