Kerja keras Pemkab Kupang Mengatasi Pendemi COVID-19

“Bagi yang belum melakukan vaksinasi agar segera melakukan vaksin karena vaksinasi COVID-19 untuk kepentingan bersama masyarakat Kabupaten Kupang,” kata Bupati Korinus Masneno.

Pemerintah Kabupaten Kupang terus gencar melakukan upaya untuk menekan peningkatan kasus positif COVID-19, terutama dalam menghadapi ancaman penyebaran varian baru, Omicron yang telah menyebar di sejumlah provinsi di Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan melalui percepatan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Kabupaten Kupang.

Pemerintah Kabupaten Kupang telah merelokasikan anggaran TA 2022 untuk kepentingan penanganan pandemi COVID-19 yang telah mengakibatkan 75 warga meninggal dunia karena terinveksi virus corona baru itu selama pandemi melanda Kabupaten Kupang.

Langkah lainnya, mendesain vaksinasi secara keroyokan dengan melibatkan berbagai pihak sehingga bisa meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19.

Pemerintah tentu tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani pandemi COVID-19.

Dibutuhkan dukungan dan peran aktif berbagai elemen masyarakat dalam mengatasi pandemi COVID-19 yang telah berdampak luas terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kabupaten Kupang.

Demi suksesnya pelaksanaan vaksinasi maka diperlukan kolaborasi berbagai pihak, untuk ikut bersama pemerintah mengatasi penularan COVID-19 yang telah menjangkiti 2.880 warga setempat itu.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung 2.759 orang warga yang sebelumya terpapar COVID-19 dinyatakan sembuh dari virus yang mematikan itu.

Pemerintah Kabupaten Kupang menyadari tentang pentingnya sinergi dalam penanganan pandemi melalui gotong royong untuk mempercepat capaian vaksinasi demi terwujudnya kekebalan berkelompok dari penularan COVID-19.

Percepatan pelayanan vaksinasi tentu mutlak dilakukan guna membentengi setiap orang dari paparan virus corona serta mempercepat pemulihan ekonomi warga.

Strategi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam mengatasi pandemi COVID-19 melalui percepatan pelayanan vaksinasi COVID-19, agar laju penambahan kasus dapat ditekan, terutama pada daerah-daerah yang memiliki capaian vaksinasi sangat rendah.

Bupati Kupang, Korinus Masneno secara khusus mendorong Dinas Kesehatan untuk melakukan berbagai upaya percepatan vaksinasi.

Saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kupang untuk vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 68,87 persen dengan sasaran mencapai 193.802 orang.

Sementara dosis kedua telah dilakukan terhadap 116.187 orang atau 41,29 persen.

Masih rendahnya capaian vaksinasi dari target Pemerintah pusat yaitu 70 persen mendorong pemerintah Kabupaten Kupang bersama TNI/Polri melakukan berbagai upaya percepatan dengan melakukan jemput bola melalui vaksinasi langsung kepada masyarakat.

“Bagi yang belum melakukan vaksinasi agar segera melakukan vaksin karena vaksinasi COVID-19 untuk kepentingan bersama masyarakat Kabupaten Kupang,” kata Bupati Korinus Masneno.

Semakin meningkatnya capaian vaksiasi COVID-19 di Kabupaten Kupang tidak terlepas dari adanya dukungan TNI/Polri, yang turun gunung membantu melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat. Tidak ketinggalan tokoh-tokoh agama, organisasi profesi dan partai politik yang juga melakukan vaksinasi COVID-19 secara masal terhadap masyarakat

“Kami berterimah kasih kepada jajaran TNI/Polri yang membantu pemeritah Kabupaten Kupang dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi ini,” kata Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

Politisi partai Golongan Karya ini berharap masyarakat yang belum melakukan vaksinasi untuk segera vaksin guna mengantisipasi penulara virus Corona.

Tekad pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 semakin nyata dengan terus gencarnya aparat Kepolisian melakukan operasi yustisi protokol kesehatan.

“Pemerintah Kabupaten Kupang mengapresiasi terhadap Kepolisian yang menjemput warga untuk datang vaksiasi, hal itulah yang membuat capaian vaksinasi meningkat tajam di Kabupaten Kupang,” kata Kepala Bagian Protokol da Komunikasi Pimpinan Setda Kabupate Kupang, Martha Para Ede.

Menurut dia kerja kolaboratif sangat membantu daerah ini dalam megatasi pandemi COVID-19 yang telah dua tahun membeleggu warga Kabupate Kupang.

Dalam mengatasi pandemi COVID-19 pemerintah Kabupaten Kupang secara konsiten menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai kegiatan pemerintahan. Hal itu dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona. (sel)

Tinggalkan Balasan