Terakhir Terjadi 2019, Gaji PNS Naik 7 Persen Tahun 2023

Ilustrasi Gaji PNS/bangkapos
Ilustrasi Gaji PNS/bangkapos

SPIRITNTT.COM , JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR Misbakhun menilai wajar jika gaji PNS dinaikkan sebesar 7 persen oleh pemerintah pada 2023 walau di tengah kondisi perekonomian yang masih tidak menentu,

Sebab, lanjut Misbakun dari sisi inflasi masih di level yang tinggi. Hingga November 2022, inflasi di Indonesia masih sebesar 5,42 persen year-on-year (yoy).

“Kalau ASN (aparatur sipil negara) dinaikkan 7 persen sangat wajar. Karena inflasi juga naik,” ucap Miskbakhun kepada CNBC Indonesia belum lama ini.

Apalagi tambahnya, anggaran belanja pegawai tahun 2023 sudah dinaikkan menjadi Rp 257,2 triliun. Besaran anggaran itu naik 3,3 persen dibandingkan anggaran tahun ini yang sebesar Rp 249,1 triliun.

“Kalau ada kenaikan belanja 3 persen tersebut di APBN maka komponen kenaikan gaji ASN sangat wajar bila dinaikkan ke level 7 persen,” tuturnya.

Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus menilai  dengan tekanan inflasi yang telah terjadi sejak tahun ini membuat daya beli masyarakat, termasuk kalangan PNS turut tergerus. Apalagi kenaikan gaji PNS pun baru terjadi pada 2019 dengan besaran sekitar 5 persen.

Di sisi lain, ia melanjutkan, pemerintah juga telah menetapkan gaji para pegawai swasta naik tahun depan dengan maksimal 10 persen. Maka jika kalangan PNS menuntut kenaikan gaji pada 2023 itu tentunya semakin wajar saja.

“Sekarang ini UMR swasta kan sudah ditetapkan 7 persen rata-rata, bagaimana dengan perspektif PNS? tentu wajar-wajar saja para ASN meminta, menuntut, agar dilakukan penyesuaian terhadap kenaikan gaji,” kata Guspardi.

Meskipun begitu, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan belum memiliki data pasti apakah anggaran belanja pegawai pada 2023 memang termasuk memenuhi kenaikan gaji mereka sebesar 7 persen pada tahun depan atau tidak.

Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Putut Hari Satyaka menekankan, urusan naik tidaknya gaji PNS itu pasti akan diumumkan langsung Presiden Joko Widodo nantinya.

“Itu nanti kalau saatnya naik akan diumumkan kok,” ucap Putut saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/12/2022).(spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan