Presiden Jokowi akan Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora. Menteri Termuda dan Berusia 32 Tahun

Dito Ariotedjo. FOTO : Website Partai Golkar
Dito Ariotedjo. FOTO : Website Partai Golkar

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali  mengundurkan diri karena ingin fokus di posisinya sebagai Waketum PSSI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memilih Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau yang biasa disapa Dito Ariotedjo.

Kabarnya Dito akan dilantik Presiden Jokowi, Senin (3/4/2023)  sore ini pukul 16.00 Wib di Istana Negara.

Jika informasi itu benar maka, Dito Ariotedjo yang lahir di Jakarta, 25 September 1990 atau berusia 32 tahun akan menjadi menteri termuda di kabinet Jokowi saat ini.

Pemilihan politisi muda ini dilakukan setelah Partai Golkar mengirim tiga nama ke Presiden Jokowi. Selain mengirim Dito, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga menyertakan dua nama yaitu kader muda Golkar Ilham Permana dan Puteri Komarudin.

Menurut catatan detikcom, Dito selama ini dikenal sebagai tim ahli di Kementeri Koordinator Bidang Perekonomian. Ia juga cukup aktif di dunia olahraga karena merupakan Chairman Rans Nusantara FC. Ia bersama artis Raffi Ahmad yang membentuk Rans Sport.

Dito ternyata memulai karirnya sebagai pebisnis. Ia memulai bisnis di bidang energi dan pertambangan. Dito diketahui merupakan anak eks bos PT Antam (Persero) Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo.

Kemudian, di 2010 Dito membangun bisnis di bidang teknologi yakni startup Grupara, ia juga sempat memiliki coworking space. Namun usaha yang dia bangun itu banyak sumber mengatakan sudah tak lagi beroperasi.

Selain malang melintang di dunia bisnis, ia juga mulai bergabung ke dunia politik. Dito bergabung ke partai Golkar pada 2016 silam.

Tak sampai di situ, dia juga masuk dalam dunia pemerintahan. Sejak 2022, ia merupakan staf ahli di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di bawah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pada tahun 2018, diketahui ia pernah dipercaya berkontribusi dalam perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Kepercayaan itu diberikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olimpiade Indonesia. Saat itu dia tunjuk sebagai Chef de Mission atau Ketua Kontingen Indonesia.

Dia juga menjabat sebagai Chairman RANS PIK Basketball. Jadi, memang cukup aktif di bidang olahraga. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan