Peraih Adhi Makayasa Angkatan Laut 2022 Letda Laut (P)  Elang Tri Esthi Fitrananda Masih Keturunan NTT

Perwakilan perwira TNI dan Polri membacakan sumpah saat dilantik sebagai perwira oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)
Perwakilan perwira TNI dan Polri membacakan sumpah saat dilantik sebagai perwira oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

SPIRITNTT.COM, KUPANG– Presiden Joko Widodo melantik 754 orang perwira TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7). Dari jumlah tersebut, terpilih empat orang perwira peraih Adhi Makayasa tahun 2022 dan satu di antaranya Elang Triasti Fitrananda, Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut yang masih memiliki darah Nusa Tenggara Timur (NTT) karena ibunya berasal dari Kabupaten Manggarai-Pulau Flores.

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri. Selain diserahkan kepada Elang Triasti Fitrananda, penghargaan Adhi Makayasa juga diserahkan kepada Rafi Naufal Arfiansyah, Adhi Makayasa dari Akademi Militer,  Jeremia Zopi Pramudya, Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara dan Adira Rizki Nugroho, Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian.

Letda Laut (P)  Elang Tri Esthi Fitrananda Peraih Adhi Makayasa Angkatan Laut. (istimewa/spiritntt.com)

Penganugerahan Adhi Makayasa itu dilakukan Presiden Joko Widodo. Penganugerahan gelar Adhi Makayasa itu sesuai Surat Keputusan Presiden Nomor 44 TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Polri Tahun 2022 yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Marsekal Muda Tonny Harjono:

Kepada SPIRITNTTT.COM Dona Mutis, Ibunda Elang Triasti Fitrananda mengungkapkan rasa syukurnya atas pelantikan putranya sebagai Perwira langsung oleh Presiden Joko Widodo.  Pelantikan tersebut juga sekaligus merupakan amanah dan tanggung jawab sebagai prajurit TNI AL yang mengerahkan seluruh jiwa dan raga dalam mendharma baktikan hidup bagi bangsa dan negara

“Ini sebagai titik awal bagi para ksatria muda dalam menunaikan tugas serta tanggung jawab pengabdian bagi bangsa dan negara. Tentunya hal utama yang patut diingat adalah keikhlasan dalam berbakti bagi negeri dan memberi keteladanan di tengah masyarakat serta tidak lupa mengayomi kehidupan berbangsa dan bernegara,” harap Dona Mutis.

Selanjutnya Dona Mutis yang merupakan alumnus SMP Karya Ruteng ini menjelaskan, Elang sebagai ksatria muda kelak akan menjadi pioneer bagi organisasi TNI AL yang akan membangun dan mendorong semangat perjuangan dalam melaksanakan tugas tugas yang diamanahkan bagi TNI AL.

“Bagi generasi muda mari bergabung di TNI AL dan menjadi para ksatria-ksatria perkasa pengawal Samudera Nusantara dan berdiri gagah perkasa bak prajurit Jalasena penjaga Lautan Nusantara,” ujar Dona yang saat ini bermukim di Surabaya bersama suaminya Edhi Tri Esthi Mulyantono.

Seperti diberitakan Kompas.com, dari 754 orang perwira yang dilantik itu terdiri terdiri dari 292 lulusan Akademi Militer, 107 lulusan Akademi Angkatan Laut, 109 lulusan Akademi Angkatan Udara, dan 246 lulusan Akademi Kepolisian.

Peraih Adhi Makayasa.Istimewa/spiritntt.com

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Jokowi menyapaikan rasa bangga dan selamat kepada para perwira yang baru dilantik. Jokowi mengaku dapat memahami bahwa perjuangan para perwira tersebut sangat berat dan panjang hingga akhirnya dilantik hari ini.

“Saudara-Saudara adalah insan muda yang terpilih, insan muda yang teruji, yang sigap dan terampil dalam menghadapi segala tantangan-tantangan,” ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan sejumlah pesan kepada para perwira tersebut dalam menjalankan tugasnya kelak.

Jokowi antara lain berpesan supaya para perwira menjadi pemimpin berkarakter, menjadi sumber inspirasi dan teladan, serta mengedepankan integritas dan kepentingan negara di atas segala-galanya.

Ia juga mengingatkan bahwa kehormatan yang dimiliki oleh perwira bukanlah jerih payah mereka sendiri tapi juga karena ada pengorbanan orangtua dan dukungan negara.

“Oleh karena itu, berjanjilah kepada Ibu Pertiwi untuk memberikan yang terbaik untuknya, berbaktilah kepada orangtua Saudara untuk memohon doa dan restunya,” kata Jokowi. (timspiritntt.com)

Tinggalkan Balasan