Partai-partai Dukung Ganjar Pranowo, PDIP Sebut Siap Mengabdi untuk Bangsa

Ganjar Pranowo. Foto Republika
Ganjar Pranowo. Foto Republika

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Kesiapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai Calon Presiden (Capres) RI 2024 ditanggapi sejumlah partai politik.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai sikap Ganjar merupakan sesuatu yang wajar sebagai seorang kader partai. Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PAN) senang dengan kesiapan Ganjar Pranowo tersebut.

Hasto menegaskan pernyataan Ganjar Pranowo merujuk pada kader yang mesti turun ke masyarakat untuk mengejar prestasi. Hasto mengatakan sosok capres dan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto .Istimewa

“Pak Ganjar kan bicara kalau ditugaskan. Ya kalau. Dalam konteks seperti ini kita kan berbicara bahwa skala prioritas saat ini semua kader partai turun ke bawah untuk mengejar prestasi yang setinggi-tingginya di tengah rakyat,” kata Hasto seperti dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

Hasto menggarisbawahi apa yang dikatakan Ganjar mencerminkan kesiapannya mengabdi untuk bangsa dan negara.

“Untuk bangsa dan negara itu semua menyatakan siap seluruh kader partai, karena itulah fungsi mengapa kita punya disiplin kepartaian,” ungkap Hasto seperti dikutip detikcom.

Hasto menjelaskan, pernyataan Ganjar masih dalam konteks pengandaian. Hasto menilai, jawaban Ganjar dalam pernyataannya cukup jelas dan tak ada yang dilanggar.

“Kalau saya lihat dari jawaban Pak Ganjar, kan jelas nih, ‘kalau untuk bangsa dan negara, ya semua harus siap’,” sebut Hasto.

Sebelumnya Ganjar menyatakan siap jika dirinya diusung sebagai Capres 2024. Hal itu disampaikannya dalam wawancara di salah satu stasiun TV swasta.

“Untuk bangsa dan negara ini apa sih yang kita tidak siap?” kata Ganjar dalam sesi wawancara tersebut, Selasa (18/10).

Adapun deklarasi dukungan terhadap Ganjar sudah dilakukan sejumlah internal partai politik. Di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara eksplisit menjagokan Ganjar sebagai Capres 2024.

Terkait kesiapan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo maju capres di Pilpres 2024. PPP bakal mencermati apakah partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Golkar dan PAN memiliki kesamaan arah terkait sosok yang diusung dalam pencapresan di 2024.

Waketum PPP Arsul Sani. Istimewa

“Soal Mas Ganjar Pranowo menyatakan siap jika dicapreskan tentu jadi hal menarik. Di internal PPP sendiri, sejumlah DPW & DPC PPP usul kepada DPP PPP untuk mengusung nama Ganjar Pranowo,” kata Waketum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Namun, kata Arsul, dukungan itu masih merupakan aspirasi dari separuh kalangan internal PPP. Menurutnya, mekanisme itu merupakan bentuk demokratisasi di parpolnya.

“Tapi ini baru merupakan aspirasi dari sebagian internal PPP saja. Kami pun melihat ini sebagai bagian dari bentuk demokrasi berpartai di internal PPP,” kata Wakil Ketua MPR itu.

“Kami di DPP memberikan kesempatan kepada struktur di bawah untuk mengusulkan nama siapa pun, termasuk nama Ganjar Pranowo,” imbuh dia.

Lebih lanjut, Arsul mengatakan pihaknya bakal mencermati perkembangan di internal dan eksternal parpol usai pernyataan kesiapan Ganjar ini. Pun, dalam rangka mencari adanya kesamaan arah sosok yang bakal diusung oleh tiap parpol di poros KIB.

“PPP akan mencermati perkembangan di internal maupun eksternal yang terjadi, termasuk apakah Partai Golkar dan PAN sebagai mitra koalisi di KIB juga punya kesamaan arah sosok yang diusung dalam pencapresan. Jadi kami di DPP tidak akan terlalu reaktif dulu soal Ganjar Pranowo ini,” kata dia.

Figur yang Dijagokan PAN

Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik pernyataan Ganjar Pranowo tersebut. Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto menyampaikan Ganjar memiliki peluang besar untuk diusung sebagai capres.

Wakil Ketua Umum  PAN Yandri Susanto. Istimewa

Yandri mulanya mengungkit pergelaran pemilu raya di kalangan internal PAN. Yandri mengatakan Ganjar menjadi salah satu nama yang muncul untuk didukung sebagai capres 2024.

“Ya kalau dari pemilu raya itu (tertinggi) Bang Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan). Yang kedua tentu kalau dari cluster menteri cuma Pak Erick Thohir yang muncul. Kalau cluster kepala daerah ya ada Ganjar, Anies, Khofifah, RK, yang muncul bagian dari dinamika pemilu raya PAN kemarin,” kata Yandri kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Yandri menyinggung munculnya deklarasi dukungan dari daerah-daerah dan cabang PAN. Diketahui, di sejumlah daerah, jajaran dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan cabang (DPC) PPP, parpol sekoalisi PAN di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), juga mendeklarasikan dukungan ke Ganjar.

“Dan sekarang kan banyak yang deklarasi Ganjar malah kan, ya itu bagian dari dinamika politik daerah ya. Kita hargai kita respons dengan baik. Tapi itu apakah itu secara resmi akan kita bawa ke KPU untuk kita daftarkan sebagai capres, ya itu perlu ada komunikasi dengan parpol lain,” katanya.

Atas munculnya dukungan-dukungan tersebut, Yandri mengatakan besar peluang Ganjar untuk diusung pihaknya. Namun dia masih terus akan mengikuti komunikasi dari tiap parpol di KIB terkait pencapresan ini.

“Ya ada kemungkinan besar Ganjar bisa diusung nanti. Tapi kan perlu ada pematangan yang lebih intensif dan komprehensif kan, karena sekali lagi, PAN sama PPP aja nggak cukup. Terus siapa cawapres nya kan belum tahu,” kata dia.

Senada, Waketum PAN Viva Yoga mengapresiasi kesiapan Ganjar berlaga di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, langkah Ganjar bakal memunculkan banyak pilihan figur bagi masyarakat dalam menentukan pemimpin nasional kelak.

“PAN mengapresiasi atas kesediaan Mas Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden 2024. Hal ini akan mewarnai mozaik pilpres, semakin banyak calon akan semakin banyak alternatif pilihan masyarakat dalam menentukan pimpinan nasional,” kata Viva kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Viva mengatakan munculnya nama Ganjar di Rakernas PAN merupakan penjaringan suara dari jajaran bawah yakni dilakukan pengurus di tingkat daerah dan provinsi. Setelah itu, lanjutnya, PAN bakal menggelar rapimnas untuk menentukan sosok capres yang diusung dan diusulkan ke KIB.

“Mas Ganjar adalah salah satu figur yang diusulkan menjadi calon presiden di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN tahun 2022. Proses pencalonan Mas Ganjar mulai dari bawah, berdasarkan penjaringan aspirasi yang dilakukan pengurus di tingkat daerah dan provinsi. Lalu diputuskan di Rakernas,” kata Viva.

“Setelah ini PAN akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) untuk membahas siapa yang akan diusulkan ke KIB,” sambungnya.

Saat ini, Viva menekankan tiap parpol di KIB memprioritaskan sosok yang dicalonkan berasal dari kalangan internal. Mereka adalah para ketum parpol masing-masing.

“KIB memprioritaskan calon dari internal sendiri. Di PAN ada Bang Zulkifli Hasan, di Golkar ada Pak Airlangga Hartarto, dan di PPP ada Pak Mardiono,” katanya.

Namun, Viva mengatakan KIB juga tetap memonitor sosok dari eksternal parpol. “KIB juga memonitor figur dari luar KIB. Nanti kita lihat bagaimana dinamika politik selanjutnya,” lanjutnya. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan