Parpol Mulai Gulirkan Ganjar-Erick Pasangan Capres – Cawapres 2024

Spanduk Ganjar Pranowo-Erick Thohir. FOTO : ISTIMEWA
Spanduk Ganjar Pranowo-Erick Thohir. FOTO : ISTIMEWA

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Berbagai partai politik terus membangun komunikasi untuk memperkuat koalisi guna mengusung Calon Presiden (Capres) dan Calon wakil Presiden (Cawapres) 2024.

Wacana yang mulai menguat saat ini nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick  Thohir mulai digulirkan.

Munculnya pasangan Ganjar-Erick ini menambah pasangan yang sudah beredar selama ini yaitu Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Gerindra dan PKB), Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau Ahmad Heryawan (Aher) yang digadang-gadang Koalisi Perubahan (NasDem, PKS dan Demokrat).

Selain itu Koalisi Indonesia (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP disebut-sebut akan mengusung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024. Namun sejauh ini belum diketahui Cawapres yang bakal mendampingi Airlangga.

Sementara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang memiliki “golden tiket” karena bisa mengusung sendiri pasangan Capres dan Cawapres 2024 hingga saat ini belum mengumunkan jagoannya. Nama yang bergulir antara lain Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Pada saat HUT ke-50 PDIP yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023) sempat ditunggu-tunggu Capres 2024 bakal diumumkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Ternyata dalam pidato  politik tersebut, Mega hanya menyebut PDIP mengusung kader sendiri tanpa menyebut nama.

Namun saat ini, Partai Amanat Nasional (PAN) mengamini ketika ada wacana pasangan Ganjar-Erick dalam Pilpres 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno mengungkit kedekatan Erick dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

“Tapi khusus untuk Pak Erick Thohir kan sudah terlihat bahwa Erick Thohir sering bersama-sama PAN, sering berjalan bersama Pak Zul (Zulkifli Hasan). Ya semakin dekat tentu semakin akrab dengan PAN,” kata Eddy kepada wartawan di Kampus UMJ, Tangerang Selatan (Tangsel) Rabu (25/1/2023).

Terkait wacana pasangan Ganjar Pranowo dan Erick, Eddy belum dapat mengonfirmasi. Hal tersebut, kata Eddy, akan disampaikan oleh ketua umum PAN.

“(Terkait Ganjar-Erick) Saya belum bisa mengonfirmasi itu, tapi tentu itu nanti akan disampaikan ketua umum,” kata dia.

Eddy mengatakan pasangan capres-cawapres yang akan diusung KIB masih dalam proses pembahasan. Ia memastikan pihaknya tidak mau terburu-buru menentukan pasangan capres-cawapres.

“Tentu kita tidak mau terburu-buru, kita punya mekanisme tersendiri, kita punya tenggat waktu sendiri, punya jadwal sendiri,” ucapnya seperti dikutip detikcom.

“Dan juga tidak membuat kita merasa ketinggalan kereta. Jadi nanti itu akan pada saatnya akan kita umumkan,” tambahnya. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan