Bisnis  

Menikmati Matahari Terbenam Dari Tepian Pantai Teres

Bupati Kupang, Korinus Masneno menanam tanama kelapa di Pantai Teres.

Berdasarkan kajian, kelapa ini akan dapat berbuah dalam kurun waktu 2,5 tahun hingga 5 tahun. Jumlah buah perpohon saat berbuah bisa mencapai 80 buah/pohon.” kata Bupati Korinus Masneno

Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat.

Panorama alam yang eksotik dengan sejuta potensi wisata alam yang dimiliki Kabupaten Kupang merupakan modal besar untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Kupang dalam kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati,Jerry Manafe terus berbenah untuk bangkitkan ekonomi warga melalui pembangunan sektor pariwisata yang merupakan salah satu program prioritas Revolusi 5P.

Kabupaten Kupang terus bergeliat dalam tahap pembangunannya berusaha membangun industri pariwisata sebagai salah satu pilar untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Sektor pariwisata masih menduduki peranan yang sangat penting dalam menunjang pembangunan daerah ini sekaligus merupakan salah satu sektor sangat strategis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Tidak hanya mengejar pedapatan ekonomi, bentuk wisata yang bertanggungjawab terhadap kelestarian area yang masih alami (natural area) memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kupang.

Bentuk pembangunan pariwisata yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kupang di Pantai Teres dan Fatuberaun, Kecamatan Amarasi Selatan merupakan bentuk gerakan konservasi agar daerah tujuan wisata unggulan di Kabupaten Kupang itu tetap utuh dan lestari.

Berkunjung ke tepian pantai Teres dengan pemandangan hamparan pasir tak bertepi sangat memanjakan mata dengan panorama alam yang sangat eksotik.

Semangat pemerintah untuk menjaga kelestarian alam kawasan wisata pantai Teres perlu dilakukan akan menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung.

Konsep pembangunan wisata yang masih alami atau daerah-daerah yang dikelola dengan kaidah alam dimana tujuannya selain untuk menikmati keindahannya juga melibatkan unsur pendidikan.

Pemahaman dan dukungan terhadap usaha-usaha konservasi alam dan peningkatan pendapatan masyarakat setempat sekitar daerah tujuan pariwisata menjadi prioritas yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam pembangunan kawasan wisata Pantai Teres dan Fatuberaun.

Dalam rangka menyukseskan Revolusi 5 P khususnya pada bidang perkebunan Bupati Kupang, Korinus Masneno bersama Forkompimda dan jajaran di lingkup Pemkab Kupang melakukan penanaman anakan Kelapa Hijau dan Kurma di Lokasi Pantai Wisata Teres Kecamatan Amarasi Selatan, Jumat (14/01-2022) guna mendukug usaha konservasi alam.

Turut serta dalam kegiatan tanam tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taemenas, Wakil Ketua DPRD Sofia Malelak De Haan, TNI/Polri, Sekda Obet Laha dan para pejabat lingkup Pemkab Kupang diantaranya Asisten III Setda Kabupaten Kupang Novita Funay, Asisten II Messak S. Elfeto, Staf Ahli Bidang Administrasi Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pandapotan Siallagan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Paulus Ati, Kadis PU PR Jhoni Nomseo Kadis Pertanian Amin Juariah, Kabag Prokopim Martha Para Ede,

Tidak ketinggalan Camat Amarasi Selatan,Tonce Teuf, para Kepala Sekolah, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat maupun para pelajar di Amarasi Selatan.

Bupati Kupang Korinus Masneno menyatakan apresiasi atas terlaksananya kegiatan menanam anakan kelapa dan anakan kurma yang dilakukan bersama-sama masyarakat, para guru dan siswa sekolah dilokasi pantai Teres.

Dirinya mengharapkan kegiatan menanam perlu dilakukan dan dibiasakan sejak dini pada anak-anak karena akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat.

Melalui Program revolusi 5 P Pemerintah Kabupaten Kupang berupaya membangun ekonomi kerakyatan masyarakat dengan apa yang ada pada masyarakat dan bisa dikerjakan masyarakat, bukan sesuatu yang tidak bisa dikerjakan masyarakat.

Korinus Masneno mengaku ketika dirinya merenungkan dan membuat program denga menitik beratkan pada bidang-bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan-kelautan dan pariwisata yang terangkum dalam program Revolusi 5 P.

Pemerintah bersama DPRD telah merancang grand desain pembangunan Kabupaten Kupang 5-10 tahun kedepan yang diharapkan akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat.
Untuk bidang Perkebunan dijelaskannya, menanam lamtoro, kelapa dan jenis-jenis komoditi lainnya yang diharapkan punya daya saing kedepan sehingga akan memberikan hasil yang luar biasa bagi peningkatan taraf hidup dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kupang yang tentunya juga akan dinikmati sampai di anak cucu kita.

Terkait dengan Komoditi Kelapa Hijau dijelaskan Masneno didatangkan dari Bali dengan harga 80.000/pohon dan Pemerintah telah menyiapkan 15.000 anakan yang diberikan kepada masyarakat untuk ditanam, terkhusus disekitar lokasi wisata pantai Teres dan Fatubraun.

“Berdasarkan kajian, kelapa ini akan dapat berbuah dalam kurun waktu 2,5 tahun hingga 5 tahun. Jumlah buah perpohon saat berbuah bisa mencapai 80 buah/pohon.” Ungkapnya.

Semangat Bupati Korinus Masneno untuk membangun Kabupaten Kupang mulai dari desa dengan impian suatu ketika masyarakat di Kabupaten Kupang akan memanen beras di puncak gunung.

Melalui pembangunan kawasan wisata pantai Teres dan Fatubraun, dengan penataan dan pembangunan yang saat ini sedang dilakukan akan menjadikan Pantai Teres menjadi tujuan wisata favorit di Kabupaten Kupang.

Berbagai fasilitas yang dimiliki seperti aula Lopo besar, panggung Out Door dipinggir pantai, taman bunga bougenvil, lopo-lopo bersantai, water misison sehingga pengunjung bisa minum air langsung di keran, kolam renang, kolam pemancingan ikan ditambah dengan penerangan mumpuni diharapkan akan membuat pantai Teres menjadi lokasi wisata siang malam.

Tidak hanya itu untuk memajakan wisatawan yang datang berkunjung Pemerintah Kabupaten Kupang menyiapkan teropong di Puncak Fatubraun yang sedang dipesan di Selandia Baru sehingga melengkapi fasilitas di lokasi wisata ini dapat benar-benar dinikmati oleh para pengunjung/ wisatawan.

Fasilitas teropong digunakan untuk menikmati panorama alam matahari terbenam dari puncak Fatuberaun.

Suatu destinasi harus memiliki berbagai fasilitas kebutuhan yang diperlukan oleh wisatawan agar kunjungan seorang wisatawan dapat terpenuhi dan merasa nyaman

Kekaguman terhadap keindahan alam pantai Teres juga disampaikan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe juga menyatakan bahwa pantai Teres merupakan salah satu objek wisata unggula Kabupaten Kupang yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya kira ini satu wujud nyata Pemkab Kupang memperhatikan masyarakat. Cukup banyak anggaran yang diturunkan untuk objek wisata disini, oleh sebab itu mari bersatu hati melangkah dan membangun dengan berinvestasi ditempat ini agar segala usaha dan langkah pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat dan terberkati”, ujarnya. (sel)

Tinggalkan Balasan