Mengejutkan, Megawati Kabarnya Umumkan Capres Hari Ini? Kader PDIP Diminta Bersiap

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat berfoto bersama Ganjar Pranowo. FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat berfoto bersama Ganjar Pranowo. FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan

SPIRITNTT.COM, JAKARTA– Pada HUT PDIP beberapa waktu lalu masyarakat berharap akan ada kejutan dalam sambutan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yaitu mengumumkan Capres 2024.

Khayalak memang menunggu keputusan Capres dari PDIP. Sebab, di tubuh PDIP ada dua nama yang santer beredar yaitu Ketua DPR RI, Puan  Maharani  dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun ternyata itu tidak terjadi. Dalam sambutannya Megawati hanya menyebutkan bahwa Capres 2024 dari PDIP akan diumumkan nanti tanpa menyebut waktunya.

Banyak spekulasi yang menyebutkan akan diumumkan bulan Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Sebab, pada saat HUT PDIP, Megawati minta untuk perayaan lahirnya Pancasila dibuat besar-besaran di Gelora Bung Karno.

Namun, semalam beredar informasi di kalangan wartawan bahwa PDIP sudah tuntas membahas capres yang akan diusung di Pemilu 2024. Kabarnya, pengumuman capres PDIP akan dilakukan, Jumat (21//4/2023) hari ini pukul 10.00 Wib.

Kabar yang diterima detikcom,  Ketua Umum PDIP Megawati akan membacakan hasil keputusan rapat soal capres dan direkam dalam bentuk video. Video itu nantinya akan disebarkan sebagai pengumuman capres PDIP.

Kabar soal pengumuman capres ini sudah beredar di kalangan wartawan sejak semalam.  Meski belum ada informasi pasti soal capres PDIP, namun ada sejumlah indikasi soal sosoknya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah 3 hari berada di Jakarta.

Tentunya bukan hal biasa seorang Gubernur Jawa Tengah berada di Ibu Kota jelang hari raya Idul Fitri.

PDIP Minta Kader Bersiap

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi sinyal pengumuman calon presiden (capres) dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri berkisar antara Mei, Juni, dan Agustus 2023.

Dia pun meminta seluruh kader untuk bersiap menyambut pengumuman capres PDIP yang bisa terjadi kapan saja.

“Kami tegaskan kembali bahwa keputusan capres PDI Perjuangan akan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat,” kata Hasto dalam keterangan persnya diterima di Jakarta, Jumat (21/4/2023).

Menurut dia, momentum yang tepat itu bisa kapan saja, dan keputusan akan diambil dengan berbagai pertimbangan, baik pertimbangan terhadap dinamika dunia maupun nasional, mempertimbangkan berbagai kriteria kepemimpinan diikuti dengan refleksi dan doa, berkomunikasi transendental dengan Yang Mahakuasa.

Hasto menegaskan, DPP PDI Perjuangan melihat banyak momentum historis dan ideologis yang sangat penting bagi masa depan pada waktu-waktu ke depan.

Pada bulan Mei, misalnya, pada tanggal 20 Mei tidak hanya ditetapkan oleh Bung Karno sebagai Hari Kebangkitan Nasional, tetapi juga pada tanggal 20 Mei 1965 Bung Karno mendirikan Lemhannas.

“Lembaga strategis tersebut berfungsi menjadi Kawah Candradimuka para pemimpin, baik sipil, militer, kelompok fungsional progesional, pusat, daerah, dan semua di-blended menjadi calon pemimpin dengan kesadaran geopolitik. Ini salah satu contoh momen historis yang ada,” ujar Hasto seperti dikutip CNN Indonesia.

Menurut Hasto, pada bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno juga sangat penting. Pancasila terbukti menjadi alat pemersatu bangsa karena melekat falsafah, dasar, tujuan, dan the way of life bangsa.

Sementara bulan Agustus menurutnya penuh dengan nilai-nilai perjuangan, patriotisme, dan sosio nasionalisme karena pada bulan inilah Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Soekarno-Hatta diumumkan ke dunia.

“Karena itulah, DPP partai agar selalu siap sedia tunggu komando yang ada. Selalu dalam kondisi siap berarti selalu berada di tengah rakyat untuk menggalang kekuatan rakyat. Maka itu, kami lebih baik turun ke bawah membantu rakyat daripada sekadar berwacana. Politik PDI Perjuangan adalah membumi bersama rakyat,” kata Hasto.

Ia pun menegaskan agar seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan dapat menyikapi dengan bijak berbagai isu capres dan cawapres sebagai bagian dinamika politik nasional.

“Semua kader partai harus menyiapkan diri, baik secara ideologis maupun secara struktural. Setiap saat Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri bisa menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang akan diusung oleh partai,” kata Hasto. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan