Gara-gara Pencalonan Anies, Siswono dan Enggartiasto Hengkang dari NasDem?

Siswono Yudo Husodo:FOTO ISTIMEWA
Siswono Yudo Husodo:FOTO ISTIMEWA

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Dua petinggi Partai NasDem  sekaligus politisi gaek Indonesia masing-masing  Siswono Yudo Husodo dan Enggartiasto Lukita hengkang.

Diduga Siswono dan Enggartiasto mundur gara-gara Partai NasDem menjadikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

Siswono telah dikabarkan mundur dari jabatan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai NasDem. Sedangkan, Enggartiasto Lukita telah menyatakan nonaktif dari Wakil Ketua Wantim.

Namun info keduanya mundur gara-gara pencalonan Anies Baswedan sebagai Capres NasDem dibantah Waketum Partai NasDem Ahmad Ali dan Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate

Waketum Partai NasDem Ahmad Ali mengaku sudah menerima penjelasan dari Siswono Yudo Husodo yang sempat disebut-sebut menyatakan mundur dari Partai NasDem. Ali menyebut Siswono sebenarnya sudah berniat mundur sejak 2019.

“Pak Sis sudah memberikan penjelasan kepada partai bahwa sebenarnya dia berniat mengundurkan diri sejak 2019 setelah selesai pemilu,” kata Ahmad Ali kepada wartawan, Selasa (27/12/2022).

Ali menegaskan Siswono mundur dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan NasDem bukan mundur dari partai. Dia menyebut Siswono tetap menjadi kader NasDem.

“Jadi pertimbangannya lebih kepada faktor usia, jadi kesehatan sehingga beliau mengundurkan diri dari jabatannya, bukan dari partai ya. Jadi beliau tetap kader Partai NasDem dan beliau mengundurkan diri dari jabatan ketua dewan pertimbangan,” ujarnya.

“Tidak ada faktor lain kecuali karena pertimbangan usia dan kesehatan. Beliau tetap kader partai NasDem,” lanjut Ali.

Enggartiasto Lukita: FOTO KOMPAS.COM

Ahmad Ali menegaskan pengunduran diri Siswono bukan lantaran pencalonan Anies Baswedan oleh NasDem.

“Ya nggak benarlah (karena pencapresan Anies), kan Pak Sis sendiri sudah memberi penjelasan sebenarnya beliau itu sudah (ingin mundur dari jabatan) 2019, cuma karena Pak Surya meminta beliau untuk tetap di posisi itu (Ketua Dewan Pertimbangan),” kata Ali.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate membantah kabar yang menyebutkan mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mundur dari partai. Johnny memberikan penjelasan soal posisi Enggar di NasDem.

Johnny menyebut Enggartiasto memang sedang tidak aktif di jabatan partai, yaitu Dewan Pertimbangan, karena kesibukannya terkait bisnis. Namun, komunikasi partai dengan Enggartiasto masih berjalan baik.

“Pak Enggar saat ini memang nonaktif sebagai Wantim NasDem karena kesibukannya terkait dengan pengembangan bisnis baru. Komunikasi dengan Pak Enggar berjalan baik sebagaimana biasanya,” kata Johnny melalui pesan singkatnya, Selasa (27/12).

Untuk diketahui, Enggartiasto menduduki posisi Wakil Dewan Pertimbangan Partai NasDem. Johnny menegaskan hubungan NasDem dengan Enggartiasto masih terus berjalan.

“Kami masih sering kontak baik relasi persahabatan maupun terkait dengan portofolio di mana saat ini Pak Enggar baru menyelesaikan akuisisi media penyiaran,” ujarnya.

Menkominfo ini lantas menegaskan Enggartiasto masih berstatus kader. “Nonaktif Wantim NasDem dan tetap memegang keanggotaan NasDem,” ujar Johnny. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan