Dicoret Pemprov NTT, Mendagri Tunjuk Parera Jadi Penjabat Bupati Sikka

SPIRITNTT.COM/HO Adrianus Firminus Parera
SPIRITNTT.COM/HO Adrianus Firminus Parera

SPIRITNTT.COM, KUPANG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memilih Adrianus Firminus Parera sebagai Penjabat Bupati Sikka. Padahal Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT mengirim tiga nama tanpa nama Parera ke Mendagri. 

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengusulkan tiga nama Calon Penjabat Bupati Sikka menggantikan Fransiskus Roberto Diogo dan Romanus Woga yang akan mengakhiri masa jabatan tanggal 20 September 2023 ini.

“Pemprov NTT telah usulkan tiga Penjabat Bupati Sikka ke Kemendagri untuk diproses. Mereka adalah Yosef Rasi menjabat Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Ruth Laiskodat (Kadis Dinas Kesehatan dan Dukcapil Provinsi NTT dan Cornelis Wadu ( Kasat Pol PP Pemprov NTT),” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT Kosmas Lana, Senin (11/9).

Dari tiga nama yang dikirim Pemprov NTT ke Mendagri hanya satu nama saja yang sama dengan yang diusulkan DPRD Sikka yaitu Yosef Rasi. Sementara dua nama lainnya “dicoret” Pemprov NTT.

DPRD  Sikka mengusulkan tiga nama calon Penjabat Bupati Sikka. Ketiganya yakni Sekda Sikka Alfin Parera, Kepala Dinas Sosial NTT Yosef Rasi, dan Kepala Bapelitbang Sikka Femmy Bapa.

Artinya nama Alfin Parera dan Femmy Bapa tidak dikirim ke Mendagri atau diganti dengan Ruth Laiskodat (Kadis Kesehatan dan Dukcapil Prov NTT dan Cornelis Wadu (Kasat Pol PP Pemprov NTT).

Pengiriman tiga nama dari Pemprov NTT ini dilakukan ketika Viktor Bungtilu Laiskodat masih menjabat sebagai Gubernur NTT. 

Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi telah mengakhir masa jabatannya pada tanggal 5 September 2023 lalu dan kini diganti Ayodhia GL Kalake.

Ikwal penunjukkan Adrianus Firminus Parera yang biasa disapa Alfin Parera untuk menjadi Penjabat Bupati Sikka tersebut dibenarkan Sekda NTT Kosmas D. Lana.

“Saya cek SK-nya sudah ada. Tapi saya belum buka karena untuk gubernur,” ujar Kosmas, Sabtu 16/9/2023) seraya  membenarkan bahwa Alfin Parera ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Sikka.

Kosmas menambahkan, pelantikan Penjabat Bupati Sikka akan dilakukan pada Rabu 20 September 2023. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan jabatan pemimpin di Sikka.

“Tidak boleh ada kekosongan di tanggal 20 ini ke atas. Senin saya cek lagi keputusan Mendagri. Pastinya hari Rabu dilantik,” tutupnya. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan