Bupati Manggarai Optimis Penyerapan Anggaran Mencapai 40 Persen

“Dana DAK ini yang kami dahulukan mulai dari perencanaan sampai pengerjaan fisik, sehingga penyerapan dana DAK lebih cepat,”tegas Heri.

Kupang, SpiritNTT.com – Bupati Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Heribertus Nabit menargetkan penyerapan anggaran belanja tahun anggaran 2021 hingga akhir Juni 2021 mencapai 40 persen.

“Kami target penyerapan anggaran belanja TA 2021 bisa mencapai 40 persen dari capaian saat ini mencapai 26 persen pada Mei 2021,” kata Bupati Heribertus Nabit ketika dihubungi ANTARA, Jumat.

Heri mengatakan hal itu terkait pernyataan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Manggarai yang mampu mempercepat  penyerapan belanja anggaran daerah sehingga mampu mencapai 27 persen dan merupakan tertinggi di provinsi berbasis kepulauan ini.

Menurut Heri, tingginya penyerapan anggaran di daerah itu karena pihaknya mendahulukan penyerapan anggaran yang dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK).

“Dana DAK ini yang kami dahulukan mulai dari perencanaan sampai pengerjaan fisik, sehingga penyerapan dana DAK lebih cepat,”tegas Heri.

Menurut politisi PDIP itu setelah percepatan penyerapan dana DAK diikuti dengan alokasi belanja pegawai.

“Sementara DAU untuk belanja modal saat ini sedang berproses tetapi proses perencananya sudah mulai dilakukan pada April 2021 lalu,”tegasnya.

Heri menargetkan hingga akhir Juni 2021 capaian penyerapan anggaran di daerah itu bisa mencapai 40 persen.

“Dalam bulan Juni ini sudah ada Surat Perintah Kerja (SPK) untuk penggunaan anggaran dari DAU  TA 2021 sehingga capaian penyerapan anggaran 40 persen bisa terwujud,”tegas Heri. (sel/ant)

Tinggalkan Balasan