Beredar Kabar Syahrul Yasin Limpo Mau Mundur dari Mentan

SPIRITNTT.COM/INSTAGRAM Syahrul Yasin Limpo
SPIRITNTT.COM/INSTAGRAM Syahrul Yasin Limpo

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Setelah dikabarkan hilang kotak dalam kunjungan kerja ke Spanyol dan Italia, Menteri Pertanuan (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akhirnya tiba kembali di Indonesia, Rabu (4/10) petang.
Setelah tiba di Indonesia, Mentan Syahrul langsung bertemu Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh selama beberapa jam.
Kepada wartawan, Rabu (4/10) malam, Febri Diansyah yang ditunjuk Syahrul Yasin Limpo sebagai kuasa hukum mengngkapkan hari ini Menteri Pertanian (Mentan akan menghadap Presiden Joko Widodo.
“Saya diminta untuk menyampaikan bahwa besok (Kamis, hari ini) Pak Mentan akan ke Istana menghadap Bapak Presiden,” kata Febri di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (4/10) malam.
Sebelum menghadap Presiden Mentan YSL tiba di Kantor Kementan Jl Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (5/10) sekitar pukul 09.30 Wib menggunakan mobil dinas B 1169 ZZH.
Mentan tidak memberikan keterangan apapun kepada wartawan selain hanya tersenyum dan mengancungkan jempolnya ke awak media.
Santer beredar kabar, Mentan SYL akan mundur dari jabatannya dan terlebih dahulu pamit dengan pegawai di Kementerian Pertanian (Kementan). Selanjutnya akan menuju istana menghadap Jokowi untuk mengajukan surat pengunduran diri.
Seperti diberitakan sebelumnya, Mentan YSL dikabarkan hilang kontak usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Eropa. Kunker ke Spanyol dan Italia itu dilakukan sejak tanggal 24 September 2023 lalu. Seharusnya Mentan sudah kembali ke Indonesia pada tanggal 1 Oktober 2023.
Namun hingga tanggal 3 Oktober 2023, Mentan belum juga tiba di Indonesia. Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbib menjelaskan, pihaknya masih mencari keberadaan Mentan SYL. Dia menepis YSL kabur tekait proses hukum di KPK.
“Wah insyaallah sih nggak. Mudah-mudahan kita doakan bersama-sama agar bisa selesai. Insyaallah,” ujar Harvick, Rabu (3/10/2023) di Istana Negara. Menurutnya, komunikasi terakhirnya dengan YSL terjadi sebelum berangkat ke Spanyol.
Sebelumnya, rumah dinas Mentan, ruang kerjanya di gedung Kementerian Pertanian dan rumah pribadinya di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah digeledah KPK.
Penggeledahan itu dilakukan terkait dugaan korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian. Saat penggeledahan, Mentan YSL sedang berada di Spanyol.
SYL kini merupakan Menteri Pertanian Indonesia ke-28 yang menjabat sejak tanggal 23 Oktober 2019 di Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Sebelumnya SYL mengejam pendidikan menengah atas di SMA Katolik Cendrawasi Makassar dan menyelesaikannya pada tahun 1973.
Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2022 yang diakses melalui situs resmi KPK, SYL memiliki total harta senilai Rp 20.058.042.532 (Rp 20 M).
Sebagian besar harta SYL berupa tanah dan bangungan sebanyak 16 aset. Total nilai aset tanah dan bangunan yang dimiliki SYL mencapai Rp 11.314.255.150 (Rp 11,3 M).
SYL juga tercatat memiliki 7 alat transportasi dan mesin dengan rincian 6 mobil dan 1 kendaraan roda dua jenis Harley Davidson. Jika ditotal, keseluruhan nilai kendaraan mencapai Rp 1.475.000.000 (Rp 1,4 M).
Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) ini juga memiliki tidak memiliki utang tetapi mempunyai harga bergerak lainnya sebesar Rp 1.149.970.00 (Rp 1,1 M). Sedangkan kas dan setara kasnya mencapai Rp 6.118.817.382 (Rp 6,1 M). (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan