Bisnis  

Resmikan Bank NTT Waibakul, Viktor Laiskodat Singgung Food Estate Gagal

SPIRITNTT.COM/HO-HUMAS PEMPROV NTT MENINJAU - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Dirut Bank NTT, Aleks Riwu Kaho bersama rombongan meninjau beberapa ruangan dan melihat sarana dan prasarana pendukung di Kantor Bank NTT Cabang Waibakul usai diresmikan Jumat (25/8/2023)
SPIRITNTT.COM/HO-HUMAS PEMPROV NTT MENINJAU - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Dirut Bank NTT, Aleks Riwu Kaho bersama rombongan meninjau beberapa ruangan dan melihat sarana dan prasarana pendukung di Kantor Bank NTT Cabang Waibakul usai diresmikan Jumat (25/8/2023)

SPIRIT NTT.COM, WAIBAKUL –  Kinerja keuangan Bank NTT Cabang Waibakul pada posisi Juli 2023 menunjukan pertumbuhan positif.

Menurut Direktur Teknologi Informasi (TI) dan Operasional Bank NTT,  Hilarius Minggu, Bank NTT Cabang Waibakul hingga Juli 2023 telah memiliki giro Rp.114 M, tabungan Rp.61 M, deposito Rp.18 M dengan total dana Rp.194 M, kredit Rp.255 M (-61M), laba Rp.7,6 M, modal disetor per Desember  2022 Rp.57,4 M.

Hal itu disampaikan Hilarius saat menyampaikan laporan pada meresmikan gedung kantor PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur kantor Cabang Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah pada Jumat (25/08/2023).

 “Dulunya kantor ini masih bernama Bank NTT Cabang Anakalang. Setelah melakukan penyesuaian dengan nama Ibukota Kabupaten, yakni Waibakul maka melalui mekanisme yang diproses manajemen Bank NTT dan mendapat persetujuan OJK serta tercatat dalam administrasi OJK sesuai surat OJK Provinsi NTT No. 59 Tahun 2023 tanggal 21 Agustus 2023 akhirnya kantor ini berganti nama menjadi Bank NTT Cabang Waibakul.” Jelas Hilarius.

Dalam rangka mendukung dan mendekatkan kelancaran pelayanan, tambahnya, Bank NTT cabang Waibakul memiliki jaringan kantor dan pelayanan berupa dua Kantor Fungsional yakni KF Mamboro & KF kantor Bupati, 1 Payment point, 3 mesin ATM & 1 CRM (mesin stor/tarik), 34mesin EDC Merchant & 39 mesin EDC Agen B Ju Bisa, 77 Agen Dia Bisa, dan juga Ribuan M-Banking : B Pu Mobile yang dipergunakan oleh nasabah masyarakat Sumba Tengah.

Bupati Sumba Tengah Paulus S. K. Limu berharap dengan gedung kantor yang baru ini mampu memberikan kontribusi untuk perkembangan ekonomi rakyat di wilayah NTT khususnya di Sumba Tengah.

Paulus juga mengapresiasi karena Bank NTT Cabang Waibakul yang juga berkontribusi bagi pembangunan pendidikan para pelajar karena telah berkontribusi bagi 3.500 mahasiswa yang sekarang sementara mengenyam bangku kuliah. 

“Ini merupakan investasi SDM Bank NTT yang sangat membanggakan bagi kami masyarakat Sumba Tengah. Ke depan target kami untuk 5000 mahasiswa tidak mampu lainnya.” Jelas Paulus Limu.

SPIRITNTT.COM/HO-HUMAS PEMPROV NTT
PRASASTI – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menandatangani prasasti  tanda diresmikannya Kantor Bank NTT Cabang Waibakul Jumat  (25/8/2023)

Bupati Paulus juga mengapresiasi Gubernur Viktor Laiskodat yang mendatangkan program tanam jagung panen sapi (TJPS) untuk Sumba Tengah, juga Food Estate hingga Presiden Jokowi pun datang ke Sumba Tengah.

“Sekarang di Sumba Tengah kami kembangkan 25 ha tanaman hortikultura yang telah menghasilkan pendapatan kurang lebihRp.  5 miliar. Terkait Energi Baru Terbarukan (EBT) telah kami siapkan 10.000 ha lahan. Semoga ke depan Bapa Gubernur bisa kembali datangkan Presiden untuk launching lahan yang kami siapkan.” harap Paulus seperti dikutip dari rilis Humas Pemprov NTT.

Gubernur Laiskodat dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap program dan kinerja manajemen Bank NTT di bawah pimpinan Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho yang terus mengupayakan peningkatkan peran Bank NTT di seluruh wilayah Provinsi NTT, termasuk di Kabupaten Sumba Tengah.

Menurut Viktor, semua ini tidak lepas dari pola kerja kolaborasi Bank NTT sebagai Bank Pembangunan Daerah. Bank NTT tidak boleh hanya fokus pada profit keuangan, namum juga mampu menghasilkan inovasi-inovasi produk pada setiap kantor Cabang di NTT.

“Contohnya kita di NTT ini kekurangan pakan ternak. Oleh karena itu Bank NTT harus hadir berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan juga stakeholder terkait serta masyarakat untuk dapat mengembangkan produk pakan ternak atau potensi-potensi lainnya. Kita juga harus dorong seluruh pertanian untuk dapat dihilirisasi. Karena lahan di Sumba sangat potensial, di mana melalui irigasi tetes kita akan panen sepanjang tahun.” tegas Viktor.

Gubernur menyebutkan, nantinya di Sumba akan ada investasi skitar Rp.10 triliun di Waingapu untuk pengembangan budidaya Shrimp Estate. Itu akan punya dampak besar bagi pulau Sumba. Maka dari itu Bank NTT harus mampu berkolaborasi di mana harus bisa melakukan langkah-langkah untuk ikut berperan dalam pembanguanan Investasi tersebut.

“Contohnya melalui pemberdayaan UMKM termasuk sektor jasa sehingga putaran perekonomian di kawasan Shrimp Estate dapat maju luar biasa dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.” Jelas Viktor yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 5 September 2023 mendatang.

Gubernur juga mengharapkan Bank NTT untuk mulai berpikir dan mendesain kredit khusus pendidikan EBT bagi generasi muda di NTT secara khusus di Pulau Sumba karena potensi EBT di Sumba yang sangat potensial.

“Semua harus dapat dikelola dan dikerjakan dengan baik oleh para generasi penerus yang berkompeten dalam bidang EBT, demi masa depan Sumba yang cerah kedepannya. Saya mengapresiasi keberhasilan program pemerintah food estate di Sumba Tengah ini walaupun banyak gagal di daerah lain,” jelasnya.

Peresmian gedung kantor Bank NTT Waibakul tersebut diawali doa syukur yang dibawakan oleh Pdt. Sarci Fanggidae, dan pemberkatan gedung kantor oleh Uskup Waitabula, Mgr. Edmund Woga, CSsR. Kemudian penandatangan prasasti oleh Gubernur Viktor Laiskodat dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Sumba Tengah Paulus S. K. Limu, Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho, Komisaris Utama Bank NTT Juvenile Djojana. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan