Vaksinasi Covid-19 Keempat untuk Nakes Mulai 29 Juli 2022. Masyarakat Umum Diminta Siap-siap

Ilustrasi vaksin booster. (freepik)
Ilustrasi vaksin booster. (freepik)

SPIRITNTT.COM, JAKARTA– Kementerian Kesehatan memutuskan tanggal 29 Juli 2022 ini akan mulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua untuk tenaga kesehatan (nakes). Sedangkan untuk masyarakat umum diminta bersabar dan menunggu pengumuman.

Dimulainya vaksinasi dosis keempat atau booster kedua tersebut tertuang dalam Surat edaran bernomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes pada Kamis (28/7/2022).

Dalam surat edaran diperintahkan agar seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan kabupaten/kota untuk melaksanakan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua untuk tenaga kesehatan.

“Mulai tanggal 29 Juli 2022 dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 (vaksinasi dosis keempat) bagi SDM (Sumber Daya Manusia) kesehatan,” tulis Dirjen P2P Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu seperti dikutip Kompas.com.

Maxi juga menyebut, vaksinasi dosis keempat dilakukan dengan vaksin yang sudah mendapat persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan memperhatikan ketersediaan vaksin yang ada.

Pemberian dosis keempat tersebut diizinkan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama dilakukan.

“Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan dan atau pos pelayanan vaksinasi Covid-19,” ujar Maxi.

Adapun capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Indonesia hingga Rabu (27/7/2022) pukul 18.00 WIB mencapai 202.333.791 atau 97,15 persen dari target yang ditetapkan sejumlah 208.264.720 penduduk.

Sedangkan dosis kedua alami peningkatan sejumlah 0,03 persen dari sebelumnya mencapai 81,57 persen kini mencapai 81,60 persen.

Kini tercatat penduduk yang sudah mendapat vaksinasi dosis kedua sebesar 169.936.472 orang. Sedangkan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster beranjak 0,16 persen lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Total capaian vaksinasi booster sebesar 55.275.438 penduduk atau 26,54 persen.

Vaksinasi Masyakarat Umum

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sebelumnya juga membenarkan akan diberikan vaksinasi keempat atau booster kedua.

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi.

Menurutnya, stok vaksin Covid-19 saat ini masih berlimpah. Indonesia dipastikan tidak kekurangan vaksin untuk pemberian dosis keempat.

“Vaksin untuk nakes banyak, vaksin kita kan berlebih. Nakes ada 4 juta, vaksin kita sudah cukup kok,” katanya lagi.

Lantas, kapan masyarakat juga akan menerima vaksin Covid-19 dosis keempat? Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Moh Syahril mengatakan, regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat masih disiapkan.

Senada dengan Menkes Budi, Syahril juga memastikan bahwa stok vaksin yang akan digunakan untuk dosis keempat telah tersedia.

“Tunggu saja ya berita resminya. Ini masih dipersiapkan semua khususnya regulasinya. Kalo vaksinnya sudah siap,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022) pagi.

Menurut Syahril, nantinya vaksinasi Covid-19 dosis keempat terlebih dahulu diberikan kepada kelompok yang berisiko tinggi.

Adapun yang tergolong kelompok berisiko tinggi antara lain nakes, lansia, imunocompromise atau orang yang memiliki masalah sistem imun, dan pelayan publik. “(Regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat) masih disiapkan, tidak lama lagi,” tandasnya. (timspiritntt.com)

Tinggalkan Balasan