Setelah Ferdy Sambo Dipecat.  Hari Ini Giliran Putri Candrawathi Diperiksa Timsus Polri

Putri Candrawathi. ISTIMEWA
Putri Candrawathi. ISTIMEWA

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Setelah sidang kode etik Polri memutuskan pemecatan Irjen Ferdy Sambo dari Kepolisian, hari ini direncanakan Polri akan memeriksa Putri Candrawathi, istri Ferdy sambo sebagai tersangka pembunuhan Brigadir Joshua.

Seperti diketahui dalam sidang kode etik profesi yang digelar di TNCC Mabes Polri dari Kamis (25/8) pagi hingga Jumat (26/8) dini hari telah mengambil keputusan memecat Irjen Ferdy Sambo dari Polri.

Ketua Pimpinan Sidang Kode Etik Profesi Polri (KEPP)  Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri, membacakan putusan etik Ferdy Sambo. Ferdy Sambo terbukti melanggar kode etik.

“Pemberhentian tidak dengan hormat sebagai anggota Polri,” ujar Ahmad Dofiri, Jumat (26/8/2022).

Setelah mendengar pembacaan putusan KEPP tersebut, Ferdy Sambo  menyampaikan dirinya akan mengajukan banding. 

“Izinkan kami mengajukan banding. Apapun putusan keputusan banding, kami siap untuk melaksanakan,” kata Ferdy Sambo.

Polri menilai upaya banding tersebut merupakan  hak Ferdy Sambo.

“Banding merupakan hak yang bersangkutan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di TNCC Polri, Jakarta Selatan.

Untuk mengajukan banding tersebut, Ferdy Sambo diberi waktu paling lama tiga hari . Banding tersebut diajukan secara tertulis dan akan diproses dalam rentang waktu selama 21 hari.

“Walaupun mengajukan banding, tetapi dalam persidangan yang bersangkutan sudah mengakui perbuatannya,” kata Irjen Dedi.

Dijelaskan Kadiv Humas, putusan banding nantinya merupakan upaya hukum terakhir. Jadi putusan banding itu nantinya bersifat final dan mengikat.

“Tidak berlaku PK. Keputusan banding keputusan final dan mengikat. Sudah tidak ada upaya hukum lagi,” imbuhnya.

Periksa Putri Candrawathi

Hari ini, Jumat (26/08/2022) rencananya istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi akan menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Menurut Kadiv Humas, Putri Candrawathi akan diperiksa penyidik tim khusus Polri.

“Penyidik juga sudah melayangkan surat pemanggilan kepada ibu PC sebagai tersangka yang akan didengar keterangannya,” kata Dedi.

Dedi juga menginformasikan, tim khusus bidang penyidikan juga sudah melimpahkan 4 berkas tersangka yaitu Ferdy Sambo, Brigadir RR, Bharada E, dan KM ke Jaksa Penuntut Umum.

Selain itu, Tim juga masih terus melakukan penyelidikan enam orang yang sudah direkomendasi inspektorat khusus untuk diproses obstruction of justrice. (timspiritntt.com)

Tinggalkan Balasan