Parpol Parlemen dan Warna Biru Bakal Gabung KIB. Apakah Demokrat?

Koalisi Indonesia Bersatu. FOTO : Dok Golkar
Koalisi Indonesia Bersatu. FOTO : Dok Golkar

SPIRITNTT.COM, JAKARTA  –  Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto membocorkan warna identik dari parpol yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Airlangga menyebut warna parpol pertama identik dengan pakaian yang dipakai oleh Zulhas. Zulhas saat itu bersetelan biru.

“Tentu, warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini,” kata Airlangga seraya menoleh ke arah Zulhas yang berdiri di sebelahnya.

Tak hanya itu, Airlangga membocorkan parpol kedua identik dengan warna pakaian yang sering dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warna itu, kata dia, juga ada pada bola yang sedang ditenteng Zulhas.

“Dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden. Yang bagian dari bola itu juga,” ujar Airlangga menunjuk ke bola yang dipegang Zulhas.

Ketua umum parpol di poros KIB, yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono menggelar pertemuan dibalut makan malam atau dinner secara tertutup di sebuah restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

Ketua Dewan Pakar DPP PAN Dradjad Wibowo juga mengungkapkan kisi-kisi partai politik (parpol) tambahan yang bakal bergabung KIB besutan Golkar, PPP, PAN.

Dradjad mengatakan calon anggota baru KIB itu salah satunya merupakan parpol parlemen.

“(Parpol) Parlemen, parlemen. Ada parpol parlemennya,” kata Dradjad kepada wartawan, Kamis (1/12/2022).

Dradjad mengaku hanya mengetahui secara pasti adanya parpol parlemen yang akan bergabung. Sementara dia tak tahu-menahu soal parpol nonparlemen yang berencana bergabung ke KIB.

“Yang saya tahu yang parpol parlemen. Yang nonparlemen saya nggak tahu. Maksudnya saya nggak ikut kontak-kontaknya. Kalau yang parlemen saya tahu,” imbuh Dradjad.

Dradjad mengatakan pihaknya masih terus berkomunikasi intensif dengan parpol calon anggota KIB. Namun dia belum bisa memastikan jika parpol itu nantinya betul-betul deal bergabung KIB.

“Iya sudah bagus sih komunikasinya, cuma kalau di politik kan segala sesuatunya bisa berubah di detik-detik terakhir kadang-kadang,” kata Dradjad.

Dradjad mengibaratkan proses komunikasi itu seperti pernikahan di Barat. Menurutnya, pembicaraan yang intensif bisa saja berujung di luar rencana.

“Kalau di politik itu kan mirip-mirip pernikahan tapi bukan pernikahan di kita, tapi pernikahan di Barat. Di detik-detik terakhir bisa berubah kan kadang. Di barat kan udah sampai tinggal ‘I do’ masih bisa berubah,” ujarnya seperti dikutip detikcom.

Lebih lanjut, Dradjad mendapat informasi dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bahwa rencana parpol baru akan deal bergabung ke KIB tidak ada target yang pakem. Dia memahami proses politik itu masih cukup panjang.

“Kalau yang saya tahu dari ketum, nggak ada target spesifik ya. Memang diharapkannnya cepat tapi kan prosesnya masih panjang. Yang jelas sih chemistry antarketum itu sudah sangat bagus dan seperti yang disampaikan, para ketum sendiri itu sebenarnya berhak juga untuk dicalonkan,” lanjutnya.

Tetap di Koalisi Perubahan

Ketua Bapilu Demokrat Andi Arief yang dikonfirmasi menegaskan Demokrat tetap bersama koalisi perubahan yang digagas bersama PKS, dan NasDem.

“Tetap intens dengan perubahan Nasdem, PKS, Demokrat,” kata Andi Arief kepada wartawan, Kamis (1/12/2022).

Andi Arief menegaskan posisi Demokrat tetap bersama Koalisi Perubahan meski sampai saat ini belum dideklarasikan. Terkait hal ini, dia menyebut partainya bersama PKS dan NasDem tidak ingin tergesa-gesa menentukan capres dan cawapres.

“Kita memilih Presiden dan wapres. Harus cermat. Tidak boleh bercanda dan gimmick. Deklarasi koalisi perubahan harap bersabar,” ujarnya.

“Memilih calon ketua OSIS saja harus serius, apalagi memilih capres/cawapres,” lanjutnya. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan