Mengapa Koalisi Gerindra dan PKB Tanpa Figur Capres dan Cawapres? Ini Jawabannya…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usai meneken piagam deklarasi koalisi di SICC, Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). FOTO: detikcom
Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usai meneken piagam deklarasi koalisi di SICC, Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). FOTO: detikcom

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Ketua Umum Gerindra,  Prabowo Subianto dan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin resmi mendeklarasikan koalisi untuk bertarung di Pilpres 2024.

Walau demikian belum ditentukan apakah Prabowo Subianto sebagai Capres dan Muhaiimin Iskandar sebagai cawapres, semua itu akan ditentukan kemudian oleh kedua pimpinan parpol tersebut.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar telah meneken piagam deklarasi koalisi di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).  Di Sentul ini tempat berlangsungnya Rapimnas Partai Gerindra.

Isi piagam itu menyepakati soal kerja sama politik kedua parpol menuju Pemilu 2024.

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid membacakan isi piagam deklarasi tersebut di depan para kader.

Salah satu poinnya menyepakati bahwa koalisi akan menyerahkan urusan soal capres dan cawapres kepada Prabowo dan Cak Imin.

Pada poin pertama, Gerindra dan PKB sepakat bekerja sama menuju Pilpres 2024.

“Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam Pemilu Serentak Tahun 2024,” kata Dasco saat membacakan salah satu poin piagam deklarasi.

Poin selanjutnya dibacakan Jazilul. Jazilul mengatakan capres dan cawapres yang bakal diusung koalisi diserahkan pada keputusan kedua ketum di poros.

“Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra H Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar,” kata Jazilul saat membacakan poin lainnya di piagam deklarasi koalisi

“Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan di negara Indonesia secara berdaulat dan turut menciptakan perdamaian dunia,” lanjut Jazilul.

Berikut poin piagam kerja sama politik yang disepakati koalisi Gerindra dan PKB:

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.

2. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni Nasionalis dan Religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu Tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra H Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang disepakati.

Prabowo Siap Maju Capres

Sebelumnya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap maju capres di Pilpres 2024. Prabowo menerima permintaan para kader yang selama ini mengerahkan dukungan agar sang ketum kembali maju nyapres untuk yang ketiga kalinya.

“Saudara-saudara dengan demikian dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama, sikap setiap DPD dan setiap sayap partai, yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024,” kata Prabowo di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan Saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Indonesia,” kata Prabowo.

Diketahui, Rapimnas Gerindra digelar di SICC, Sentul, Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2022. Rapimnas itu mengagendakan Prabowo memberikan jawaban atas permintaan kader agar maju capres pada Jumat malam. Sementara, deklarasi koalisi dan deklarasi Prabowo sebagai capres usungan Gerindra digelar Sabtu siang. (timspiritntt.com)

Tinggalkan Balasan