Kenalkan 4 Makanan Khas NTT yang Wajib Kamu Coba, Daging Se’i Hingga Jagung Bose

Daging Se'i salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur (Trevel Diary of Lenny Lim)
Daging Se'i salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur (Trevel Diary of Lenny Lim)

SPIRITNTT.COM, KUPANG – Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur atau yang biasa disebut NTT tidaklah lengkap jika tidak mencicipi beberapa makanan khas NTT.

Sekedar informasi, makanan khas NTT bisa kamu temui saat menginjakan kaki di ibukota provinsi NTT yaitu Kota Kupang.

Kali ini SPIRITNTT.COM mengajak kalian semua untuk mengenal lebih dekat mengenai makanan khas NTT.

Apa saja makanan khas NTT?

Jagung Bose

Jagung bose adalah sebuah olahan jagung berupa bubur jagung unik yang juga merupakan hidangan tradisional dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Bubur yang juga mengandung campuran daging se’i ini biasa juga dimakan bersama ikan bakar sebagai ganti nasi.

Dalam hidangan ini juga, terkandung campuran kacang merah dan kacang tanah di dalamnya. Kesan gurih yang ada pada bubur ini, dikarenakan hidangan ini mengandung juga santan kelapa.

Jagung Bose salah satu makanan khas NTT

Daging Se’i

Daging se’i atau Se’i adalah hidangan daging asap yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam bahasa Rote, se’i artinya daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api hingga matang. Hidangan ini terbuat dari daging yang dimasak dengan cara dipanaskan menggunakan asap panas yang berasal dari kayu bakar.

Se’i awalnya berbahan dasar daging babi hutan. Meskipun demikian, kini terdapat berbagai alternatif se’i dengan bahan daging sapi, ayam, atau bahkan ikan. Daging yang selesai diasap dapat langsung dimakan dengan mengirisnya tipis. Namun apabila daging ini telah disimpan beberapa hari, maka harus digoreng kembali, atau dimasak dalam tumisan bunga pepaya dan sayur-mayur lain.

Daging Se’i salah satu makanan khas NTT (Trevel diary of Lenny Lim)

Rumpu Rampe

Rumpu Rampe merupakan salah satu jenis makanan khas dari Nusa Tenggara Timur. Makanan ini terbuat dari bunga pepaya, daun kelor, buah pepaya muda, daun pepaya, daun singkong, serta jantung pisang. Sekarang ini rumpu rampe juga sering dipadukan dengan kangkung, udang, dan ikan teri.

Rumpu Rampe merupakan sebuah istilah yang memiliki arti ramai, banyak, dan beragam. Biasanya, Rumpu Rampe dimakan bersama dengan Jagung Bose, salah satu makanan tradisional Nusa Tenggara Timur.

Sayur Rumpu Rampe salah satu makanan khas NTT

Ketemak

Katemak adalah salah satu masakan khas Nusa Tenggara Timur yang dibuat dari daging sapi yang direbus dengan ubi, jagung dan sayuran hijau seperti daun singkong, daun pepaya dan daun labu. Bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Hidangan ini disajikan hangat seperti sop.

Jagung Ketemak salah satu makanan khas NTT (Youtube)

(Tim Redaksi SPIRITNTT.COM)

Tinggalkan Balasan