Kabar Gembira, Analisa Jerawat Kini Sudah Bisa Pakai Smartphone, Simak Cara Penggunaanya

Ilustrasi jerawat- Kini kita bisa menganalisa jerawat kita hanya dengan menggunakan smartphone
Ilustrasi jerawat- Kini kita bisa menganalisa jerawat kita hanya dengan menggunakan smartphone

SPIRITNTT.COM, JAKARTA- Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami manusia. Bagi para remaja dan orang dewasa, seringkali jerawat ini menjadi hal yang bisa mempengaruhi kepercayaan diri dalam aktivitas kegiatan harian.

Berbagai cara bahkan dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Ada yang menggunakan berbagai produk yang diklaim bisa menghilangkan jerawat bahkan melakukan hal yang cukup ekstrim yaitu memencet jerawat hingga berdarah.

”Langkah yang paling penting adalah analisa kulit yang akurat untuk diagnosis jerawat yang tepat, sehingga terapinya pun dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan jerawat,” ujar  dermato venereologist, Dr Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV, saat acara Derm Live by La Roche Posay di Lucy in the Sky SCBD, Jakarta, Rabu (13/7/2022) seperti yang dikutip dari Kompas.Com.

La Roche Posay memperkenalkan teknologi baru yang bisa menganalisa jerawat melalui smartphone yang bernama effaclar spot scan.

Ini adalah teknologi berbasis advanced artificial intelligence yang dikembangkan bersama dermatolog dengan tingkat akurasi profesional untuk memberikan analisa dan membantu konsumen mengetahui masalah jerawat yang dialaminya.

La Roche-Posay International Digital Services & Innovation Projects Manager, Pavel Tyutyaev, juga mengungkapkan La Roche Posay bekerjasama dengan dermatolog untuk menganalisa lebih dari 7.000 sampel foto dari berbagai tipe kulit dan tingkat keparahan jerawat yang berbeda. Tingkat akurasi effaclar spots can bahkan telah divalidasi melalui clinical study dengan 87 persen akurasi untuk jerawat meradang, 72 persen noda bekas jerawat, dan 61 persen komedo. 

“Teknologi ini memberikan konsumen informasi yang mereka butuhkan, bagaimana mengatasi dan mencegahnya, serta rekomendasi yang dipersonalisasi sebagai alat yang tepat untuk analisa awal tingkat keparahan jerawat,” kata dia.

 Effaclar spot scan menggunakan evaluasi GEA (Global Evaluation of Acne) yaitu skala evaluasi global yang digunakan oleh dermatolog di dunia untuk mengukur tingkat keparahan jerawat, jumlah komedo, jerawat meradang, dan noda bekas jerawat. Kita pun bisa mengaksesnya secara gratis melalui website La Roche Posay Indonesia dengan menggunakan perangkat smartphone iOS ataupun Android. Proses analisa ini hanya memakan waktu beberapa menit dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Ambil tiga selfie (foto wajah) yaitu tampak depan, samping kanan dan samping kiri. Kemudian, effaclar spot scan akan menganalisa dan menentukan tingkat kondisi kulit berjerawat (GEA) 0-5. Effaclar spot scan akan memberitahu kita untuk berkonsultasi dengan dermatolog jika nilai GEA sama dengan atau lebih dari 2 (GEA) Teknologi ini juga memberikan pilihan bagi konsumen untuk berkonsultasi dan mendapatkan diagnosa dermatolog melalui layanan teledermatologi dari Halodoc.

2. Berdasarkan analisa tingkat GEA, effaclar spotscan akan merekomendasikan rangkaian perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit, sembari menunggu konsultasi dengan dermatolog jika diperlukan.  

3. Effaclar spot scan memberikan rekomendasi tips mengenai cara merawat kulit berjerawat secara rutin. Agustina pun menambahkan, teknologi ini dapat membantu dermatolog, setidaknya dalam dua hal penting. “Pertama, kami dapat memberikan edukasi kepada pasien yang sebelumnya tidak memahami perlunya penanganan jerawat untuk mengatasi kondisi permasalahan kulitnya,” kata dia. “Kedua, ini membantu mengingatkan pasien dan menjelaskan pentingnya segera berkonsultasi dengan dermatolog untuk menghindari kondisi jerawat semakin parah yang pada akhirnya dapat menyebabkan acne scar (jaringan parut bekas jerawat),” ujarnya.  (Tim Redaksi SPIRITNTT.COM)

Tinggalkan Balasan