Jusuf Kalla Sebut Ahok Pintar Marah, Anies Pintar Bicara

Ahok dan Anies. FOTO : Bisnis.com
Ahok dan Anies. FOTO : Bisnis.com

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diketahui pernah mengungkapkan curahan hatinya turun jabatan tidak mungkin akan berlaku oleh ‘si pinter ngomong’.

Diduga sindiran Ahok tersebut ditujukan kepada Anies Baswedan.

Pernyataan Ahok ini pun langsung dibalas eks Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia bahkan menduga hal ini pula yang membuat Anies Baswedan bisa meraih banyak simpati publik.

“Kalau boleh mengatakan, kenapa Anies ini (disenangi publik) karena cara dia berbicara,” tutur JK.

Wapres yang pernah mendampingi SBY dan Presiden Joko Widodo itu tak menampik kemampuan berbicara serta mencitrakan diri dengan baik sangat penting dalam dunia politik.

“Walaupun dikatakan oleh Ahok, ‘Wah karena pintar bicara, pintar ngomong’. Ya (lebih) mana suka, yang pintar bicara atau pintar marah? Ahok kan marah,” pungkas JK seperti dikutip Warta Ekonomi.co.id

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun pun mengatakan dia punya penilaian yang sidikit berbeda dengan JK.

Dalam youtube channelnya, yang dilansir Jumat (25/11/22). Refly pertama-tama bingung mengapa masalah non-substansi itu harus diperdebatkan.

“Tentu kita tidak ingin hal-hal seperti itu (masalah pintar ngomong) yang menonjol ya. Saya juga heran ya, kenapa kemudian orang selalu mempermasalahkan yang menurut saya hal-hal yang justru kelebihan,” kata dia.

“Kalau misalnya gini, kalau orang pintar berbicara apakah pasti dia tidak bisa kerja? Kan bisa kita lihat recordnya ya,” tambahnya.

“Misalnya dalam konteks Ahok itu, kan kita lihat tuh Ahok juga pintar bicara loh. Siapa bilang dia nggak pintar bicara,” ungkapnya.

Menurut Refly, Ahok adalah sosok yang pintar bicara, pintar kerja ditambah pintar marah.

“Tetapi Anis itu kemampuan berbicaranya itu sebenarnya lebih pada diksi, tapi kemampuan kalau disuruh berorasi ya biasa-biasa aja. Yang jago orasi itu ya justru Habib Rizieq,” katanya.

 “Jadi kita harus membedakan, orang kok pintar ngomong, pintar bicara malah menjadi hal yang cacat. Gak juga ya kan, karena jaman sekarang tidak lagi ‘Silent is gold’ atau diam itu emas ya. Makanya harus speak up, kita harus bicara, jangan diam saja,” tambahnya. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan