Jusuf Kalla Bongkar Alasan Megawati tak Senang SBY

SBY, Megawati dan Jusuf Kalla – FOTO: Kolase Tribun Jabar
SBY, Megawati dan Jusuf Kalla – FOTO: Kolase Tribun Jabar

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Mantan Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla buka-bukaan mengenai tidak mesranya hubungan Megawati Soekarnoputri dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“SBY tidak disenangi karena tidak minta izin, saya minta izin dengan baik. Itu hanya cara saja sebenarnya, untuk berhubungan (baik),” jelas Jusuf Kalla di podcast kanal YouTube RGTV channel ID dikutip Kamis (24/11/2022).

Menurut JK, hubungannya dengan Megawati sangatlah baik dan terus terjaga walau menghadapi dinamika perpolitikan hingga pernah menjadi lawan di Pilpres 2004.

“Saya 2004 saya kalahkan dia. Saya menteri, saya mohon, permisi. Kenapa sampai sekarang saya tetap punya hubungan baik, Bu Mega juga baik dengan kita semua, padahal saya lawan dia di 2004,” ujar JK.

JK kemudian membandingkan nasibnya dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang disebut-sebut punya hubungan kurang baik dengan Megawati.

Pengalamannya ini yang membuat JK meyakini cara berkomunikasi sangat mempengaruhi dalam berpolitik.

Bahkan JK menduga hal ini pula yang membuat Anies Baswedan bisa meraih banyak simpati publik.

“Kalau boleh mengatakan, kenapa Anies ini (disenangi publik) karena cara dia berbicara,” tutur JK.

Wapres yang pernah mendampingi SBY sekaligus Presiden Joko Widodo itu tak menampik kemampuan berbicara serta mencitrakan diri dengan baik sangat penting dalam dunia politik.

JK bahkan menyebut sindiran eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang diduga pernah menyindir Anies sebagai sosok yang pandai berbicara.

“Walaupun dikatakan oleh Ahok, ‘Wah karena pintar bicara, pintar ngomong’. Ya (lebih) mana suka, yang pintar bicara atau pintar marah? Ahok kan marah,” pungkas JK.

Jusuf Kalla sendiri diketahui punya kedekatan yang cukup baik dengan Anies Baswedan.  JK disebut-sebut sebagai bapak asuh Anies yang banyak membimbing karier politik Anies. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan