Hati-hati…. Banyak Pasien Covid-19 Bergejala Berat dan Kritis. Varian BQ.1 Lagi Berkecamuk

Varian XBB
Varian XBB

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Melonjaknya kasus Covid-19  di Indonesia ternyata bukan cuma varian XBB tetapi juga akibat varian BQ.1.

Bahkan varian baru tersebut mulai mendominasi kasus Covid-19 harian di tanah air.

Juru bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menyebut baik XBB maupun BQ.1 menyumbang lebih dari 20 persen penambahan kasus baru di Tanah Air.

“Varian XBB dan BQ.1 mulai mendominasi, saat ini 25 persen kasus konfirmasi didominasi varian baru. Mungkin nanti akan (mendominasi kasus harian) semuanya, seperti halnya dulu BA.4 dan BA.5,” sebutnya dalam konferensi pers Rabu (16/11).

Karenanya, dr Syahril meminta masyarakat segera divaksinasi Covid-19 booster. Terlebih, banyak pasien Covid-19 yang bergejala berat dan kritis dilaporkan pada kategori kelompok tersebut.

Ada 74 persen pasien Covid-19 yang meninggal usai terpapar, belum divaksinasi booster. Sementara lebih dari 80 persen yang dirawat di RS karena Covid-19 belum menerima booster.

“Vaksin ini adalah upaya kita memberikan antibodi agar seseorang itu memberikan kekuatan untuk kekebalan agar dengan masuk varian baru sekalipun, dia (gejalanya) akan lebih ringan dari orang yang tidak divaksin,” bebernya seperti dikutip detikcom.

“Begitu juga dengan yang dibooster, akan lebih besar antibodinya dibandingkan yang tidak dibooster,” sambungnya. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan