Insiden di Pesawat, Dua Pilot Baku Hantam hingga Pilot Tertidur Menjelang Mendarat

Pesawat Air France. ISTIMEWA
Pesawat Air France. ISTIMEWA

SPIRITNTT.COM, PARIS – Dua pilot maskapai Air France adu jotos di atas udara dalam penerbangan dari Jenewa di Swiss menuju Paris, Perancis.

Meski kedua pilot sempat beradu fisik, namun menurut maskapai Air France, penerbangan Jenewa-Paris itu tetap berlangsung aman. Pesawat Air France berhasil mendarat dengan selamat di kota tujuan.

Kejadian pada bulan Juni 2022 itu tidak diketahui ratusan penumpang yang sedang asyik dengan berbagai aktivitas mereka di perut pesawat.

Akibat insiden tersebut, kedua pilot tersebut akhirnya diskorsing pihak maskapai.

Outlet media Swiss, La Tribune yang dikutip detikcom melaporkan kedua pilot Air France itu saling bersitegang sesaat setelah pesawat lepas landas. Ketegangan itu sampai menarik kerah baju seragam mereka masing-masing.

Melihat aksi kedua pilot tersebut, kru kabin sempat menengahi. Bahkan ada satu kru kabin yang tetap tinggal di dalam kokpit untuk mengawasi keduanya dan melerai mereka bila kedua pilot itu sampai bertengkar lagi.

Badan Investigasi Udara Prancis (BEA) pun menerbitkan laporan yang berisi bahwa pilot maskapai Air France itu sangat tidak menghormati prosedur keamanan ketika mengemudikan pesawat.

BEA juga menyoroti insiden-insiden lain yang pernah dilakukan oleh pilot maskapai Air France, seperti yang terjadi pada bulan Desember 2020 di penerbangan dari Kongo menuju ke Prancis.

Saat itu, sang pilot Air France melakukan kesalahan prosedur dengan tidak mendarat secepat mungkin, padahal pesawatnya mengalami kebocoran pada bagian tangki bahan bakar. Beruntung pesawat itu akhirnya bisa mendarat darurat di Chad.

Tiga kasus serupa pernah terjadi di antara tahun 2017-2020. Pilot-pilot Air France diduga beraksi berdasarkan analisis mereka sendiri, bukan karena mengikuti protokol keamanan.

Asosiasi Pilot Air France sendiri memastikan keselamatan penumpang adalah prioritas utama yang ada di benak semua pilot.

Pilot Tertidur

Selain insiden baku hantam antara pilot, ada lagi peristiwa yang nyaris merenggut nyawa penumpang. Kejadiannya di pesawat maskapai Ethiopia.

Kedua ilot pesawat tertidur lelap di tengah penerbangan. Walaupun sempat gagal mendarat, tetapi akhirnya Ethiopia Airlines ET 343 itu berhasil mendarat tanpa ada yang terluka.

Dilansir dari The Aviation Herald, Jumat (19/8/2022), Ethiopian Airlines ET343 tersebut sedang melakukan perjalanan dari Khartoum, Sudan ke Addis Ababa, Ethiopia pada 15 Agustus ketika insiden itu terjadi di ketinggian 37.000 kaki.

Insiden itu diketahui setelah pilot seharusnya sudah mulai menurunkan ketinggian saat menuju Bandara Addis Ababa Bole. Namun, pesawat jenis Boeing 737 tersebut tidak juga menurunkan ketinggian untuk siap-siap landing.

Menurut Aviation Herald, Kontrol Lalu Lintas Udara berusaha menghubungi kedua pilot tetapi tidak berhasil. Akhirnya, setelah melewati landasan pacu, kedua pilot terbangun setelah autopilot pesawat terputus dan membunyikan alarm.

Pilot kemudian kembali mengarahkan pesawat ke bandara dan berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat. Pesawat tersebut tetap berada di landasan selama sekitar dua setengah jam sebelum berangkat untuk penerbangan berikutnya.

Data penerbangan mengkonfirmasi insiden tersebut, yang menunjukkan bahwa pesawat sempat gagal mendarat karena melewati landasan dan akhirnya berhasil melakukan pendaratan ketika pilot dan kopilot terbangun.

Analis penerbangan Alex Macheras menulis di Twitter: ‘Sangat memprihatinkan insiden di maskapai terbesar di Afrika – Ethiopian Airlines Boeing 737 # ET343 masih berada di ketinggian jelajah 37.000 kaki pada saat mencapai tujuan Addis Ababa.

“Mengapa tidak mulai turun untuk mendarat? Kedua pilot itu tertidur,” tulisnya.

Dia menyebut ‘kelelahan pilot’ dalam insiden itu sebagai ‘bukan hal baru’.

Insiden itu membuat orang-orang terkejut, dengan banyak yang mengatakan itu ‘tidak profesional’ dan ‘berbahaya.’

“Semoga kedua pilot dipecat dan otoritas penerbangan memulai penyelidikan pada jadwal tugas kru dan sebagainya dari maskapai ini! Syukurlah tidak ada hal buruk yang terjadi,” tulis seorang netizen. (timspiritntt.com)

Tinggalkan Balasan