Begini Reaksi Megawati Saat Ditanya Mau Maju Jadi Capres Lagi

Megawati Soekarnoputri. FOTO: Liputan6.com
Megawati Soekarnoputri. FOTO: Liputan6.com

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Politisi Senior PDI Perjuangan Panda Nababan mengungkap pernah bertanya ke Megawati Soekarnoputri soal niatan mau maju lagi jadi capres. Panda Nababan mengungkap reaksi Megawati.

“Aku sendiri, aku pribadi sudah nanya Mega beberapa waktu yang lalu ‘Mbak mau maju lagi menjadi calon Presiden?’. (Megawati berkata) ‘Apa kau pikir saya nggak tahu malu? Saya sudah nenek-nenek'” ujar Panda dalam acara Adu Perspektif yang disiarkan detikcom berkolaborasi dengan Total Politik, Senin (9/1/2023).

Percakapan itu terjadi sekitar tahun 2013. Megawati, sebut Panda, kala itu menyinggung hattrick kekalahannya di pemilihan Presiden.

“‘Saya sudah kalah tiga kali dengan Gus Dur kemudian dengan SBY'” ujar Panda menirukan suara Megawati.

Panda, saat itu, terus menyemangati Mega. Namun, usahanya tak berhasil.

“‘Aduh Panda, aku kan sudah nenek-nenek’. Ini omongan dia empat mata sama aku,” jelas Panda.

Dia melihat Megawati tetap teguh tak akan mencalonkan diri sendiri di Pilpres 2024. “Saya tidak melihat ada indikasi itu berubah,” lanjutnya.

Sekjen PDIP Hasto mengungkapkan tradisi Megawati Soekarnoputri sebelum menentukan capres biasanya ziarah ke makam Bung Karno terlebih dulu.

“Ya ziarah,” kata Hasto kepada wartawan di kokasi acara HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (9/1/2023).

Namun, kata Hasto, ziarah itu dilakukan Megawati tak selalu secara langsung. Megawati kerap mengirim utusannya ke makam Bung Karno untuk berziarah.

“Selama ini kan juga bisa dilakukan oleh Ibu Mega secara langsung bisa juga beliau mengirim utusan dalam melaksanakan ziarah tersebut,” ujarnya.

Untuk diketahui, Megawati juga melakukan ziarah ke Makam Bung Karno (MBK) di Blitar menjelang Pilpres 2019 lalu. Megawati berziarah tepat sebelum memutuskan mengumumkan nama capres kala itu yakni Joko Widodo (Jokowi) di acara Kongres PDIP.

Kala itu Megawati didampingi pengurus DPP, DPD, DPC PDIP serta beberapa kepala daerah kader PDIP. Ziarah ini untuk mengawali bagian dari rangkaian Kongres PDIP yang dilaksanakan di Bali.

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjawab kemungkinan soal kejutan yang akan diumumkan Megawati Soekarnoputri di acara HUT ke-50 PDIP.

Puan menerka kejutan Megawati itu bisa saja soal penentuan capres dan cawapres yang diusung di 2024.

Puan mulanya mengatakan setiap gelaran HUT PDIP pasti selalu ada kejutan. Namun dia mengatakan kejutan itu hanya diketahui oleh Megawati seorang.

“Ya pastinya. Setiap ulang tahun kan ada surprise, tapi namanya surprise saya juga nggak tahu. Yang tahu cuma Ibu Ketua Umum surprise akan disampaikan,” kata Puan usai memberikan arahan dalam acara bimbingan teknis (bimtek) anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota Fraksi PDIP di Hotel Paragon, Jakarta, Senin (9/1/2023).

Puan tak menutup kemungkinan Megawati akan mengumumkan capres dan cawapres usungan PDIP di acara HUT. Puan sendiri mengaku masih bakal menunggu pidato yang disampaikan Megawati besok. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan