Begini Cara Mengatasi Telepon WhatsApp yang Sering Putus-putus

Telepon WhatsApp putus-putus? FOTO : Getty Images
Telepon WhatsApp putus-putus? FOTO : Getty Images

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Ketika melakukan menggunakan aplikasi WhatsApp, kerap kali kita merasakan kendala saat menghubungi orang-orang terdekat melalui panggilan suara.

Masalah yang paling sering adalah sambungan telepon WhatsApp terputus-putus.  Jika demikian, bagaimana cara mengatasi telepon WhatsApp putus-putus?

Seperti dilansir detikINET dari situs resmi WhatsApp, masalah paling sering terjadi karena pada aplikasi chat besutan Meta adalah jaringan internet.

Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Putus-putus

1. Cek Jaringan Internet

Jika memang mengalami momen putus-putus saat sedang menghubungi keluarga atau teman, bisa jadi karena internetnya. Periksa terlebih dahulu, apakah kuota yang kalian miliki masih tersedia atau tidak.

Nah jika sudah begini, pengguna dapat menyiasatinya dengan membeli paket data atau menggunakan WiFi. Kalaupun ternyata menggunakan WiFi masih putus-putus, pastikan sinyalnya memang tidak bermasalah.

2. Matikan Penghemat Baterai

WhatsApp sendiri menyampaikan bahwa, penghemat baterai mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Jadi kalau mode tersebut aktif, bisa langsung menonaktifkannya saja.

Ternyata ini juga berlaku bila HP terkoneksi dengan bluetooth. Sehingga bisa dipastikan, ketika mengalami kendala saat menelpon, kalian bisa langsung mematikan koneksi tersebut.

3. Restart Ponsel

Cara mengatasi telepon WhatsApp putus-putus berikutnya dengan merestart ponsel. Hal ini berguna untuk memberikan penyegaran terhadap sistem di beberapa aplikasi.

Jadi dapat menanggulangi atau setidaknya meminimalisir, terjadinya kendala saat melakukan panggilan suara. Untuk restart HP sendiri, bisa dengan menekan tombol power masing-masing perangkat sedikit lebih lama, hingga muncul tombol yang dimaksud.

4. Update WhatsApp

Selain itu ada siasat lain yang bisa diberdayakan untuk mengatasi telepon WhatsApp putus-putus. Di sini maksudnya lebih mengarah kepada memperbarui sistem aplikasi chat milik Meta tersebut.

Untuk update WhatsApp, bisa langsung mengunjungi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Kemudian cukup klik update di halaman WhatsApp.

5. Install Ulang

Bila dirasa belum berhasil juga dengan empat cara mengatasi telepon WhatsApp putus-putus di atas, bisa install ulang aplikasi. Jadi ketika kalian download kembali, akan langsung menggunakan versi terbaru.

Nah, kalau dari WhatsApp sendiri menambahkan, untuk memastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan mikrofon, earphone, atau kamera telepon kalian. Kurang lebih begitu caranya, dan semoga bermanfaat. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan