Presiden Jokowi Anggap Pernyataan Rocky Gerung Sebagai Hal Kecil

SPIRITNTT.COM/HO Presiden Jokowi
SPIRITNTT.COM/HO Presiden Jokowi

SPIRITNTT.COM, JAKARTA – Banyak kalangan menyesalkan pernyataan Rocky  Gerung  yang menilai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai “bajing*n t***l. Kendari berbagai kalangan menilai itu sebagai penghinaan , namun Presiden Jokowi mengganggapnya sebagai hal kecil.

Pernyataan Rocky Gerung ini mendorong sejumlah pihak melaporkan kasus tersebut ke polisi karena menilai Rocky Gerung telah melakukan melecehan dan menghina Kepala Negara.

Satu di antaranya yang melaporkan Rocky Gerung ke Polisi adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Juga sejumlah kelompok masyarakat.

Menanggapi persoalan tersebut Presiden Jokowi terlihat santai dalam menanggapi kasus yang telah menghebohkan tersebut.

“Itu hal-hal kecillah. Saya kerja saja,” kata Jokowi di Senayan Park, Jakarta, Rabu (2/8).

Jokowi juga enggan menanggapi lebih jauh terkait masalah tersebut  dan meninggalkan awak media untuk kembali ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini sebelumnya mengatakan Istana belum ada rencana menempuh jalur hukum terkait masalah tersebut.

“Tidak ada omongan (akan melapor ke polisi). Jika diserang dan dihina itu kan sudah makanan sehari-hari Bapak Presiden,” kata Faldo melalui pesan singkat, Selasa (1/8).

Meskipun demikian, dia mengkritik pernyataan Rocky. Eks Ketua BEM UI itu menilai Rocky keliru dalam melihat kebijakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

IKN kata Faldo, dibangun atas kesepakatan bersama pemerintah dan DPR. Hal itu pun telah dituangkan dalam Undang-Undang Ibu Kota Negara.

“Saya kira di situ Pak Rocky keliru. Itu informasi yang menyesatkan dan bohong. Faktanya, siapa pun presidennya harus jalankan itu, kecuali UU-nya direvisi bersama DPR,” ucapnya.

Seperti diketahui kelompok relawan Jokowi melaporkan dugaan penghinaan itu ke Bareskrim Polri pada Senin (31/7), namun ditolak dan hanya dianggap sebagai aduan.

Namun ada kelompok lain yang mengadukan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya. Laporan itu diterima, dan langsung diproses hari itu juga dengan memeriksa pelapor serta dua saksi. Laporan terdaftar dengan nomor LP/B/4459/VII/2023/SPKT POLDA METRO JAYA tanggal 31 Juli 2023.

Rocky dilaporkan karena dugaan melanggar pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau pasal 156 KUHP dan/atau pasal 160 KUHP dan atau pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Sementara Pastor T  Kopong dari Manila menegaskan, dari setiap pernyataan Rocky Gerung yang salah satunya mengatakan dan menuduh presiden Jokowi sebagai “bajingan tolol” di hadapan para buruh, menyadari bahwa “pekerjaan” Rocky Gerung adalah menghina dan menjelekkan presiden untuk mendapatkan pengakuan dari para sekutunya.

“Jika Rocky Gerung menganggap dirinya atau dianggap oleh para sekutunya sebagai orang pintar, saya justru sebaliknya menganggap dia sebagai orang yang “tidak berguna” bagi bangsa Indonesia. Karena pekerjaan dia hanya menghina dan menghina, dan itu dianggapnya sebagai sebuah kepintaran,” ujar Pastor Kopong.

Menurut Pastor Kopong. Dirinya tidak bahkan belum berbuat banyak bagi bangsa Indonesia. Namun, dengan menghargai orang lain termasuk menghormati Presiden Jikowi, terlepas dari kekurangan yang ada maka itu adalah sebuah sumbangan kecil yang bisa diberikan untuk kedamaian bangsa.

“Rocky Gerung! Anda seorang yang katanya filsuf, tapi setiap pernyataanmu tidak mencerminkan kebijaksanaan Anda. Anda tidak menjadikan filsafat sebagai pijakan refleksi kritis untuk kerangka berpikir yang bermanfaat dan berguna bagi pembangunan bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Rocky Gerung, stop bicara soal kepintaran karena Anda sendiri tidak sedang menunjukkan diri Anda sebagai orang yang pintar. Stop menghina orang lain dan menghina presiden karena hinaanmu itu semakin menunjukkan kepada kami siapa Anda, yaitu lebih terhina dan mungkin lebih tidak berguna dari yang Anda hina,” sambungnya. (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan