Diduga ODGJ, Wanita Siram Air Mineral dan Lempar Sandal ke Presiden Jokowi

SPIRITNTT.COM/HO-detikSumut RELAWAN - Wanita yang melempari air mineral dan sandal ke Presiden Jokowi saat menghadiri acara Rembuk Kemerdekaan Relawan Bobby Nasution di Gedung Serba Guna, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (27/8)
SPIRITNTT.COM/HO-detikSumut RELAWAN - Wanita yang melempari air mineral dan sandal ke Presiden Jokowi saat menghadiri acara Rembuk Kemerdekaan Relawan Bobby Nasution di Gedung Serba Guna, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (27/8)

SPIRITNTT.COM, MEDAN – Tanggal 14 Desember 2008 terjadi  insiden yang menggemparkan dunia. Presiden Amerika Serikat (AS) George Walter Bush atau George W Bush dilempari sepatu sebanyak dua kali oleh seorang jurnalis bernama Muntazer al-Zaidi.

Insiden sepatu terbang oleh Zaidi itu diarahkan ke Presiden ke-43 AS itu, di tengah-tengah acara jumpa pers bersama Perdana Menteri Irak Nouri Al-Maliki.

Namun lemparan tersebut berhasil dihindari. Secara reflex  Presiden AS menunduk menghindari lemparan sang jurnalis tersebut.

 “Yang bisa saya katakan adalah, sepatu itu nomor 10,” canda Presiden Bush seperti dikutip BBC setelah insiden tersebut.

Pelempar sepatu kemudian dibawa pergi oleh para pengawal dan jumpa pers dilanjutkan.

Insiden yang nyaris sama juga terjadi di Indonesia, pada Minggu (27/8) saat Presiden Joko Widodo  menghadiri acara Rembuk Kemerdekaan Relawan Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Gedung Serba Guna, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Saat itu Jokowi mendatangi para relawan untuk menyampaikan salam.  Seperti  yang biasa terjadi, para relawan berkerumun dan merangsek  untuk bertemu Presiden Jokowi.

Namun tiba-tiba, salah seorang wanita menyiramkan air mineral kearah Jokowi tetapi mengenai Paspampres yang mengamankan kedatangan Jokowi.

Paspampres bertindak cepat. Mereka menyeret wanita yang mengenakan baju warna hitam dan  memakai ID card tersebut agar menjauh dari kerumunan tersebut.

Wanita yang belum diketahui identitasnya itu langsung berteriak histeris. Saat itu, Jokowi tidak menyadari aksi wanita tersebut. Jokowi meladeni para relawan yang berebutan ingin bersalaman dengannya.

“Jangan rusuh kamu di sini,” kata seorang petugas Paspampres sambil mendorong wanita tersebut menjauhi kerumunan relawan.

Karena terus didorong wanita tersebut pun tersungkur. Dia terus menangis meminta keadilan. Wanita tersebut malah melemparkan sandal ke arah kerumunan Jokowi.

Beruntung lemparan tersebut langsung dihadang Paspampres. “Tolong, kami mencari keadilan,” teriak wanita tersebut.

Petugas kembali mencoba mengamankan wanita itu. Dia pun didorong ke arah belakang menjauh dari panggung acara.

Wanita tersebut kembali tersungkur saat didorong petugas. Ia menolak berdiri. Tetapi petugas berusaha menyeret nya.

Tak hanya itu, petugas juga melarang sejumlah wartawan merekam video keributan tersebut.

Menurut Polisi, wanita itu berinisial RT (47), tinggal di Bandar Klipa, Deli Serdang. RT saat itu dibawa petugas ke luar gedung dan diserahkan ke pihak keluarga.

“Terindikasi gangguan jiwa ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) sebagaimana disebutkan dalam surat Dinas Sosial Kota Medan tanggal 27 Oktober 2021,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, dilansir detikSumut, Minggu (27/8/2023). (spiritntt.com)

Tinggalkan Balasan